Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kunjungan Ke Pabrik Solar Gard, Head Quarternya Di Sini

Parwata - Senin, 21 November 2016 | 16:23 WIB
No caption
No credit
No caption

Amerika - Saat melakukan perjalanan tim OTOMOTIF juga berkunjung ke pabrik kaca film Solar Gard Saint Gobain. Bertempat di 4540 Viewridge Avenue, San Diego, California.

“Di sini merupakan head quarter kaca film Solar Gard yang juga dijual di Indonesia. Semuanya diatur di sini,” terang Kendall Combs, Global Marketing Director Saint-Gobain untuk merek Solar Gard saat menerima OTOMOTIF.

Pabrik ini didirikan sejak tahun 1986, merupakan pindahan dari pabrik sebelumnya yang beroperasi sejak 1979. Memiliki fasiltas lengkap, mulai dari R&D, produksi, hingga pengiriman ke manca negara.

“Kami mengutamakan kualitas dengan teknologi terbaru untuk memproduksi kaca film sejernih mungkin tapi bisa menolak panas semaksimal mungkin. Yang kami banggakan adalah teknik Advance Sputtering yang ada di sini,” tambah Kendall.

Secara garis besar ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam proses produksi dipabrik ini. OTOMOTIF pun berkesempatan melihat langsung proses tersebut di dalam pabrik. Berikut beberapa tahapannya.

No caption
No credit
No caption
Receiving

1. Receiving

Yaitu proses menerima barang berupa high quality clear polyester yang akan diproses menjadi kaca film. Dilakukan pengetesan secara acak agar kualitas bahan baku sesuai standar yang ditetapkan.

No caption
No credit
No caption
Advance Sputtering

2. Advance sputtering

Pada tahap ini bahan yang sudah diperiksa diberi lapisan metal tambahan. Menggunakan teknologi vakum bertekanan tinggi. Bisa diatur sesuai kebutuhan agar hasil lebih maksimal. Selain metal pelapisan juga bisa menggunakan bahan aluminium, titanium, silver dan keramik.

No caption
No credit
No caption
Coating Dan Laminating

3. Coating dan laminating

Setelah mendapat lapisan metal, kaca film tadi mulai diberi lapisan tambahan lainnya. Racikan ini akan menghasilkan kualitas barang yang diproduksi. Pada proses ini pula bisa ditentukan tingkat kegelapan atau keterangan kaca film. Apakah akan menggunakan lapisan bening atau gelap.

Teknik hard coating membuat kualitas yang dihasilkan maksimal. Termasuk anti gores. Untuk itu ruangan juga harus bebas debu dan kotoran. “Makanya ada prsedur khusus untuk menjaga ruangan tetap bersih. Karena akan mempengaruhi kualitas produk,” ucap David Ward, Plant Manager Solar Gard Saint- Gobain.

Performance Testing

4. Performance testing

Pada bagian ini dilakukan performa tes sekaligus quality control, untuk menguji kemampuan kaca film yang dihasilkan. Apakah sesuai dengan standar mutu yang ditetapkan.

5. Slitting proces

Jika sudah melewati beberapa tahapan tadi, tibalah produk yang sudah dalam bentuk gulungan tadi dipotong- potong. Untuk ukuran biasanya ada 2, 60 inci dan 72 inci. “Indonesia biasanya pakai yang 72 inci,” ujar Kendall. Setelah dipotong siap dimasukan ke dalam kemasan.

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa