Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Dia Tiga Calon Moge Baru Astra Honda Motor, Ada Apa Saja?

Jumat, 25 November 2016 | 07:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta -  PT Astra Honda Motor (AHM) telah merampungkan 3 proses Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) di Kementerian Perindustrian per-tanggal 21 dan 22 November kemarin. Ketiga sepeda motor dengan kode CRF250RLH IN M/T, CRF1000AH 3IN, dan CMX500AH IN M/T tersebut telah berstatus selesai, ditunjukkan dengan kode S yang berada di kolom tabel paling kanan.

No caption
No credit
No caption
 

Untuk kode pertama, CRF250RLH, sudah diketahui pasti jika ini adalah motor bergenre dirt bike yang mengusung mesin berkapasitas 249 cc, DOHC, 4-klep, 1-silinder. Ya, ia adalah CRF250L yang pertama kali diperkenalkan ke publik pada ajang Tokyo Motor Show 2011. Motor trail ini memang sudah lama beredar di pasaran dengan basis produksi di Thailand.

AHM sendiri sebelumnya memang belum pernah mengimpor CRF250L, baik secara CBU maupun CKD. Kalaupun ada orang Indonesia yang memiliki motor ini, mereka dipastikan membelinya dari Importir Umum (IU). Yang jelas AHM sudah siap mengimpor sebanyak 2.500 unit motor pesaing Kawasaki KLX 250 ini dari negeri Gajah Putih. Nah, menariknya Honda Global telah membuat versi baru dari CRF250L dengan label CRF250 Rally yang diluncurkan di ajang EICMA Milan 2016, hemm kira-kira ikut masuk juga gak ya?

No caption
No credit
No caption
Honda CRF250L

Selanjutnya ada kode CRF1000AH. Dari tiga huruf depan kode tersebut juga sudah bisa dipastikan jika motor ini mengusung konsep adventure atau penjelajah. Sedang kode angka yang tertera, 1000, menjelaskan jika motor ini masuk segmen berkapasitas 1000-an cc. Ya betul, ia adalah CRF1000L Africa Twin yang unitnya sudah ditampilkan AHM pada acara IMOS 2016, awal November lalu.

Motor penjelajah dengan kapasitas mesin 998 cc, 8-klep, 2-silinder ini sudah dikonfirmasi kehadirannya oleh pabrikan berlogo sayap mengepak. Yakni pada semester pertama tahun 2017. Nah, Honda Africa Twin ini memiliki dua varian, pertama dengan transmisi manual, kedua dengan transmisi DCT (Dual Clutch Transmission). Kabarnya AHM akan memboyong yang versi DCT-nya saja. Setuju nggak nih?.

No caption
No credit
No caption
Kabarnya AHM akan mendatangkan Honda CRF1000L Africa Twin dengan opsi transmisi DCT saja

Untuk kode terakhir, ini yang masih abu-abu. Yup, CMX500AH sejatinya menunjukkan jika motor ini berasal dari line-up 500 cc Honda. Sekadar informasi, pada Februari lalu Honda telah memperkenalkan konsep CX-02 yang merupakan versi facelift dari sport-tourer CB500X. Diperkenalkan di ajang Auto Expo India, motor ini tampil dengan garis desain yang lebih tegas ketimbang pendahulunya. Kalau yang ini masuk Indonesia keren juga ya!

No caption
No credit
No caption
Honda CX-02 concept atau versi facelift CB500X

Apalagi motor berkapasitas 471 cc, 2-silinder yang mungkin didatangkan AHM tahun ini untuk mengisi line-up big bike-nya? Honda Rebel 500 yang baru saja diluncurkan di negeri Paman Sam baru-baru ini bisa jadi opsi menarik. Motor naked cruiser yang merupakan diferensiasi dari Honda CBR500R itu memang terbuka diimpor AHM karena benar-benar produk yang fresh secara desain.

Apalagi jika benar-benar jadi diboyong ke Indonesia, motor beraliran cruiser itu hanya akan berhadapan dengan Kawasaki Vulcan S yang berada di segmen yang sama. Bagaimana? Sudah siap belanja motor baru tahun depan?.(otomotifnet.com)

Honda Rebel 500

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa