Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Patokan Memperbesar Ukuran Pelek dan Ban CBR150R Dengan Swing Arm Standar

Jumat, 2 Desember 2016 | 11:36 WIB

Jakarta - All New Honda CBR150R dibekali bodi ramping dengan banyaknya sisi tajam yang aerodinamis. Dilengkapi pelek 2,50 dan 3,50 inci dibalut ban 100/80-17 dan 130/70- 17. Sudah cukup keren? Ternyata masih ada yang kurang puas! Seperti apa sih Kombinasi Pelek dan Ban All New Honda CBR150R biar tampilan makin keren? Simak terus!

Seperti surat pembaca yang masuk ke mail box redaksi OTOMOTIF. Tenang kami paparkan gambarannya. Yang jelas, upsize atau membesarkan pelek dan ban ini jangan asal pilih, karena malah akan membuat tampilan aneh, membebani kinerja mesin dan boros bensin, juga mengorbankan kenyamanan berkendara.

“Kalau untuk upsize ban rekomendasi satu step ke atas, misal dari 130/70 menjadi 140/70. Karena tarikan motor jadi rada berat kalau diganti yang lebih besar. Selain itu perlu diperhatikan juga jarak antara dimensi luar ban dengan bodi motor, jangan ada gesekan,” beber Dodiyanto, Marketing Product Manager Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC dan Zeneos.

Masih kurang? Bisa pakai ukuran 150/60 tapi sebaiknya pakai pelek aftermarket yang lebih lebar.

“Dengan ban 150/60 sebaiknya lebar pelek juga naik jadi 4,5 inci supaya fitment ban tidak terlalu membulat. Pakai ban ukuran ini sisa jarak ban dengan arm sekitar 2–3 mm,” ujar Yusa Firdaus, punggawa Gado–Gado Tapak Lebar, spesialis kaki–kaki lebar yang ada di bilangan Galaxy, Bekasi Selatan. Wah, tipis banget!

Seperti Aden Ragil Simpatik yang memasang pelek Axio dengan lebar depan 3 inci di roda depan dan 4,5 inci di belakang CBR150R kesayangannya.

“Pelek pakai punya CBR150 versi sebelumnya, karena untuk versi ini belum ada yang buat, pemasangan gak bisa asal pasang karena harus dibuatkan adaptor gir belakang, agar gir lebih keluar dan rantai tidak bergesekan dengan ban. Kalau tidak pakai adaptor jadi serba salah, rantai tidak menggesek ban tapi ban depan dan belakang tidak sejajar,” ucapnya.

Ban depan pakai 120/60 sama sekali tidak ada masalah karena masih jauh dari sepatbor dan tabung suspensi, ban /60 ini tampil lebih sporti karena punya dinding yang lebih tipis atau ceper. Tapi kalau menghajar lubang atau jalan bergelombang akan lebih terasa.

Tidak tentang ukuran saja, profil ban juga menjadi perhatian. “Ban yang mempunyai sudut V akan menguntungkan bagi rider yang punya karakter agresif. Sedangkan ban bersudut U baik untuk pengendara yang sering berkendara jauh,” jelas Pradiptyo Ariawan, owner Rumah Ban Motor, di bilangan RS. Fatmawati, Jaksel.

Selain itu, cari juga ban depan yang punya profil tebal /80. “Karena ini dapat membantu untuk menahan vibrasi akibat jalan tidak rata yang dapat membuat rider cepat lelah,” tambah Pradiptyo. • (Fariz / otomotifnet.com)

Rumah Ban Motor 0878-80706878
Gado–Gado Tapak Lebar 0856-92139629 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa