Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First drive Toyota Yaris Heykers CVT Jadi Empuk Dan Lembut?

Parwata - Minggu, 4 Desember 2016 | 20:10 WIB
No caption
No credit
No caption

Apakah perubahan mesin, transmisi dan kaki-kaki akan memberi efek signifikan?

Jakarta - Pada edisi lalu, OTOMOTIF sudah membahas detail apa saja perubahan Yaris Heykers dibanding sebelumnya. Bila dirangkum, yang akan berpengaruh pada rasanya ketika dikendarai hanya ada 3 faktor, yaitu mesin, transmisi dan ground clearance. Mengapa ground clearance akan berefek pada drive quality? Karena profil ban kali ini lebih tebal, yaitu 195/55R16 inci. Dikombinasi suspensi TRD, membuat ketinggian total dari tanah jadi 184 mm, sedangkan sebelumnya 149 mm. Akankah menjadi limbung?

Sekarang soal kombinasi mesin dan girboks, meski Toyota berusaha menyebutnya ‘halus’, kami prefer mengatakan efek kombinasi mesin 2NR-FE dan transmisi CVT ini berat di awal. Bagi yang pernah merasakan transmisi 4-speed A/T pada mesin 1NZ-FE di Yaris pre-facelift. Pasti tahu perbedaan mapping dan bobot, membuat responnya tidak seinstan generasi Yaris ‘bulat’. Nah, kali ini rasanya lebih berat lagi.

Baiknya, hilang rasa upshift yang kental pada transmisi ‘Super ECT’ sebelumnya. Sayang karena keterbatasan trek, belum sempat menguji lag transmisi ketika berakselerasi di putaran tengah. Yang jelas, mode manual 7-percepatan yang dilakukan dengan menggeser tuas ke kanan juga tersedia.

Namun yang harus dipuji adalah setting suspensi barunya. Disediakan 4 buah rintangan yang berbentuk seperti polisi tidur tegak setinggi 16 cm. Melewatinya tanpa henti dengan Yaris Heykers, tidak terasa bantingan yang kasar, baik ketika mengenai rintangan tersebut maupun saat kembali jatuh ke aspal. Bahkan ketika diisi 4 penumpang, per hanya mengenai stopper sekali.

Apa artinya? Jelas jarak main suspensi yang lebih jauh membuat bantingan pesaing Suzuki SX-4 S-Cross ini menjadi lebih lembut. Namun apakah mempengaruhi segi handling-nya? Tunggu sesi test drive ya… • Sano/otomotifnet.com

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa