Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Proton Gen 2 2008 Rally Style ‘Silvi’

andy - Selasa, 29 November 2016 | 11:19 WIB

“Tadinya saya pakai BMW Seri-3, lama-lama bosan terus dijual,” ujar Boy Wallad mengawali pembicaraan. Karena pernah kuliah di Malaysia, Boy mengaku masih kepincut dengan Proton. “Langsung aja saya cari Proton. Yang harganya masuk ya Gen 2 ini,” bilangnya.

Tanpa pikir panjang, ia pun langsung mencari referensi modifikasi yang pas untuk mainan barunya ini. “Saya naksir banget dengan Proton Gen 2 yang dipakai rally di Malaysia,” serunya. Jadilah mobil ini dibuat bergaya mobil rally.

Namun karena keterbatasan waktu, modifikasi yang dilakukan Boy masih sebatas eksterior. “Mobil ini saya pakai harian buat kerja, makanya waktunya terbatas. Kalau libur baru ke bengkel lagi. Hahaha,” katanya sambil tergelak.

 
Terkendala PCD Velg

“PCD Proton Gen 2 ini adalah 4x114, sama seperti Nissan Evalia, Toyota Avanza, juga Kijang Kapsul. Ternyata untuk cari velg gaya rally yang modelnya agak baruan saya sedikit kesulitan,” ujar Boy. Untunglah akhirnya ia berhasil mendapatkan velg yang digunakannya ini.

Sebenarnya di awal mobil milik Boy ini sudah pakai velg Sparco Cromodora. “Saya kurang suka dengan modelnya. Saya senangnya model 'nutup' seperti Compomotive ini,” ujar pria berkepala plontos ini. Untunglah ada yang bersedia tukar-tambah dengan Compomotive TH1 warna silver. Velg ini berukuran 15x6,5 inci lantas dibalut ban Bridgestone B250 ukuran 185/65R15.

Untuk saat ini suspensinya masih standar. “Pengin ditinggiin sedikit yang depan biar rata sama belakang. Cuma belum ketemu per yang pas nih,” keluhnya.


Mudflap Custom

Agar tampilan rally style semakin kuat, Boy juga menambahkan beberapa aksesoris khas mobil rally. Seperti foglamp, mudflap depan, dan mudflap sepatbor. “Ada yang saya bikin sendiri.Hehehe,” ceritanya.

Aksesori yang dibuat sendiri antara lain mudflap sepatbor. “Saya buat dari polyurethane warna hitam. Diukur sendiri dengan ukuran 25x35 cm,” katanya membuka rahasia. Mudflap ini diikat ke lubang baut mudflap aslinya. Sementara untuk mudflap depan, Boy membeli produk jadi. “Tinggal pasang aja ke bumper,” ucap pemukim di Bogor ini.

Sebagai pelengkap di depan ia menambahkan dua foglamp Halogen FX1100. Untuk dudukannya dipakai pelat setebal 3 mm dan diberi penguat besi agar tak mudah goyang dalam segala kondisi. “Sering saya pakai kalau pas hujan deras di tol,” tuturnya.
Banyak gunanya juga ya selain buat gaya.


DATA DRESS UP

  • Mudflap AVCO custom
  • Mudflap sepatbor custom
  • Velg Compomotive TH 15x6,5 inci
  • Ban Bridgestone B250 185/65R15
  • Foglamp Halogen FX1100

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa