Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spesifikasi Mesin Kawasaki Versys X-250, Ada Beberapa Perbedaan Dari Ninja 250

Dimas Pradopo - Rabu, 30 November 2016 | 16:02 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Hadir di Indonesia hanya beberapa saat setelah Versys-X 300 rilis di EICMA 2016 awal November lalu, Versys-X 250 yang mengusung desain khas motor penjelajah akhirya resmi dikenalkan di Tanah Air.

Sesuai namanya, motor ini diyakini cocok untuk penyuka perjalanan jauh. Turing menjelajah keindahan alam Indonesia akan sangat cocok menggunakan motor ini! Meski peruntukannya sedikit berbeda dengan Ninja 250, secara mesin ternyata basisnya sama.

"Ya, frame beda tapi mesin basisnya sama. Tentunya dengan fine tuning yang berbeda sesuai peruntukannya," beber Hiroyuki Wada, Project Leader Versys-X 250 dari Engineer Department, R&D Division, Motorcycle & Engine company, Kawasaki Heavy Industries.

Mesinnya tetap 249 cc dua silinder dari kombinasi bore dan stroke, 62.0 mm x 41.2 mm. Powernya 33,3 dk @ 11.000 rpm dan torsi 21.7 N.m pada 10.000 rpm.

Setingan akhirnya berbeda dari Ninja 250, pria asal Jepang ini menjelaskan jika Versys-X 250 memenuhi kebutuhan turing dengan torsi yang kuat sejak rpm rendah dan sedang. Hal ini diciptakan untuk memfasilitasi manuver di kecepatan rendah yang akan sering dilakukan saat turing.

Selain setingan ECU, knalpot juga punya desain anyar. Kalau diperhatikan lekukan pipanya melengkung rapat. "Ya, knalpotnya didesain ulang untuk meningkatkan torsi," beber Wada.

 

Berikut, lebih detail seputar spesifikasi mesinnya;

Engine
Type :Liquid-cooled, 4-stroke Parallel Twin
Displacement : 249 cm3
Bore and Stoke : 62.0 x 41.2 mm
Compression ratio : 11.3:1
Valve system : DOHC, 8 valves
Fuel system : Fuel injection: ø28 mm x 2 with dual throttle valves
Ignition : Digital
Starting : Electric
Lubrication : Forced lubrication, wet sump
Max Power : 33,3 Dk @ 11.000 rpm
Max Torque : 21.7 N.m @ 10.000 rpm

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa