Modifikasi Yamaha TW225 Street Tracker, Melanjutkan Proyek Tora Sudiro

Selasa, 6 Desember 2016 | 19:42 WIB

Jakarta - Eksan Nulhakim statusnya adik ipar dari Tora Sudiro yang enggak lain adalah aktor juga komedian. Ia berhasil membujuk Tora untuk menjual salah satu koleksinya, Yamaha TW 225 lansiran 2007 padanya. Padahal motor built up yang sejatinya bergaya dual purpose dengan ban besar cocok untuk main pasir di pantai ini sedang dalam proses custom.

 

“Dari pada proyeknya gak jalan, mendingan saya yang terusin, begitu saya membujuk Tora agar dia mau jual,” kenang Eksan. Setelah segepok uang diberikan sebagai mahar, pria yang biasa pakai Vespa ini langsung boyong Yamaha TW ke rumah modifikasi Galeri Motor (Gator) Ciputat, Tangsel. Bengkel yang juga langganan Tora.

“Karena bakal dibuat untuk menyaingi street tracker buatan Deus ex Machina yang sempat jadi kiblat builder lokal, saya dan Gator mesti bikin konsep yang lebih keren dan unik,” beber salah satu member di ‘Nongols’ kependekan dari Non Golongan Sob, komunitas motor custom independen asuhan Tora Sudiro.

 

Karena sudah separuh jalan, proses Modifikasi Yamaha TW225 ini berjalan cukup mudah. Standarnya kaki-kaki gambot dengan ban kembangan kasar sudah unik, saat didapat motor ini juga sudah pakai lengan ayun model panjang buatan Japanese Custom yang dipasang saat masih dipakai Tora. Otomatis, Ekhsan tinggal melanjutkan custom dibagian frame dan sok depan serta bodi untuk mendapatkan kesan classic street tracker.

Suspensi depan, diganti punya Yamaha Byson yang lebih kekar serta membuat sepatbor depan berukuran mini. Desain sepatbor ini biasa diaplikasikan oleh Idho Idris owner Gator pada Triumph custom garapannya.

Untuk frame, langsung sunat bagian tengah dan dibuat ulang dari besi seamless dengan model rata dan sedikit naik untuk bagian belakangnya. Dengan rangka baru ini, jok bisa dipasang datar. Klop dengan tangki membulat klasik.

“Di bagian bawah jok dibiarkan kosong sehingga terlihat lebih simpel dan bersih,” tuturnya. Efek lainnya, suspensi belakang monoshock bawaan motor jadi makin jelas terlihat.

Finishing, motor dicat dengan livery klasik ala Yamaha, namun dengan warna Hijau army dikombinasi putih dan hitam. Asyeeek!  • (Sigit / otomotifnet.com)

 

Plus: Jarahan simpel dan enak dilihat
Minus: Jangan lupa pasang spion Bro!

Data Modifikasi:
Setang: Fatbar
Sokbreker depan: Byson
Sepatbor depan: Custom
Cakram depan: Yamaha Scorpio
Tangki: Custom by Galeri Motor
Gas spontan: Aftermarket
Jok: Custom by Galeri Motor
Stoplamp: Aftermarket
Headlamp: Angle eyes
Cover headlamp: Custom by Galeri Motor
Lengan ayun: Japanese Custom Modifikasi
Rangka: Galeri Motor
Ban Depan: Bridgestone Trail Wing 130/80-18
Ban Belakang: Bridgestone Trail Wing 180/80–14
Teromol depan : Yamaha Scorpio
Galeri Motor : 085693999234 

Editor :
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA