Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Agar Tidak Kehilangan Garansi, Pemilik Moge Ducati Wajib Perhatikan Hal Ini

Rabu, 14 Desember 2016 | 02:21 WIB

Jakarta - Punya moge macam Ducati memang nggak bisa sembarangan. Perlu perhatian serius dan perlakuan khusus dari para owners-nya supaya motornya tetap dalam keadaan prima dan dalam jaminan pabrikan. Nah, untuk kondisi yang disebut kedua, kiranya perlu menjadi perhatian bagi bikers Ducati agar garansi produknya tidak gugur secara sia-sia. 

Dhany Yahya, Managing Director Ducati Indonesia, mengatakan ada beberapa faktor yang menyebabkan warranty (garansi) gugur. Pertama adalah penggunaan bahan bakar yang tidak tepat. Dengan kompresi mesin yang tinggi, tentu tidak direkomendasikan bagi pemilik Ducati untuk memberi minum tunggangannya dengan bahan bakar oktan rendah, misalnya Premium yang memiliki Research Octane Number (RON) 88.

Maka spesifikasi bahan bakar yang disarankan lebih tinggi dari itu, bisa menggunakan Pertamax Plus yang beroktan 95 atau Pertamax Turbo dengan oktan 98. "Aturannya tidak boleh menggunakan bahan bakar yang bisa membuat kerak," buka Dhany.

Kedua adalah penggunaan barang elektronik aftermarket. "Seperti penggunaan piggyback atau dalam tahap ekstrim, bore-up mesin, misalnya, itu sudah masuk dalam ranah modifikasi, dan bisa membuat gugur garansi," lanjut Dhany.

Ketiga adalah pemilihan oli. "Soal oli, rekomendasi pabrikan adalah Shell Advance SAE 15W-50 full synthetic," sambung Rahadi Wibowo, Workshop Manager Ducati Indonesia. Salah menggunakan oli tentunya bisa berdampak buruk pada mesin. Dan kerusakan mesin oleh pemilik tentunya bisa menggugurkan garansi.

Selain memperhatikan ketiga hal tersebut, para pemilik motor Ducati juga wajib melakukan perawatan berkala terhadap tunggangannya. Kalau di Indonesia, interval service pertama ada di 1.000 km. Selanjutnya, service dilakukan kembali saat indikator jarak tempuh berada di angka 4.000 km.

Nah, melihat fakta bahwa perlu waktu bertahun-tahun bagi moge untuk mencapai kilometer tersebut, karena penggunaannya yang tidak setiap hari, maka bisa jadi dalam waktu setahun tidak ada jadwal service sama sekali. "Tetapi jika selama satu tahun tidak di service, minimal olinya diganti," pungkas Dhany.(Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa