Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Harley-Davidson Sportster 2010, Ubahan Ringan Biar Agak Scrambler

Minggu, 18 Desember 2016 | 23:06 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Harley-Davidson Sportster memang sudah mempesona, namun buat Mr.K, Sportster standar dianggap belum memuaskannya. Makanya, jauh-jauh dari Pulau Dewata Bali motornya dikirim ke Baru Motor Sport (BMS) di Jakarta untuk dimodifikasi.

“Kalau standar saja kan sudah biasa, makanya saya mau ada pembeda antara motor saya dengan Sportster lainnya,” bilang Mr. K yang enggak mau ubahan motornya terlalu ekstrim. Jadi diapain dong?

“Dibikin ‘agak scrambler’ aja ya,” kekeh Ariawan Wijaya juragan BMS seraya memberikan racikan simpel tanpa banyak perubahan. “Sesuai konsepnya, banyak part ori tapi terlihat beda,” tambahnya.

No caption
No credit
No caption
 

Modifikasinya pun terbilang ringan bagi BMS, “Enggak ada yang ribet, kaki-kaki? Yang depan pasang upside down Kawasaki ZX-6R agar terlihat lebih padat, aslinya kan teleskopik,” jelas pria berbodi gempal ini.

Menurutnya pasang sokbreker upside down dari keluarga Kawasaki ini paling mudah, “Karena posisi dari segitiganya sudah lebih maju, sehingga saat sokbreker main enggak mentok rangka. Tinggal cari sudut yang pas saja,” rincinya. Sedang yang belakang swing arm standar dikawinkan peredam kejut keluaran Ohlins. Peleknya, ganti buatan Roland Sand Design (RSD) dari Amerika.

“Peleknya ring 18 inci dengan lebar 3,5 inci,” sebutnya. Padahal pelek yang dibuat dengan proses CNC seperti ini, BMS juga sudah mampu membuatnya sendiri di Indonesia. “Tapi yang punya maunya pakai barang branded, RSD bukan cuma pelek tapi ada pernik-pernik kecil lainnya," ungkap Ari sambil menunjuk tutup tangki sampai grip gas dari RSD.

"Kalau rangka cuma belakang aja yang dipotong 5 cm agar gak kepanjangan," terang Ari sambil memberikan warna orange candy. Biar makin kental scrambler, ban berpattern kasar sengaja dipilih. Knalpot juga dipindah ke atas dengan pipa free flow pendek, suaranya? Buru-buru tutup kuping deh hehe.. • (Indra / otomotifnet.com)

Plus: Ubahan simpel tapi terlihat jauh berbeda
Minus: Knalpot terlalu dekat dengan kaki

 

Data Modifikasi :
Ban depan : Dunlop 400-18
Ban belakang : Dunlop 450-18
Pelek : RSD
Upside down : Kawasaki ZX-6R
Cakram dpn : Over Racing
Kaliper depan : Tokico
Kaliper belakang : Brembo
Sokbreker belakang : Ohlins
Knalpot : Custom
Selang rem : Hel
Filter : Figure Machine
Headlight : Daymaker
Setang : Biltwel
Riser : Biltwel
Handgrip : RSD
Midcontrol : RSD
Baru Motor Sport : 081915113717

 

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa