Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penjualan Mobil Stagnan, Stok 2016 Berlimpah?

Parwata - Selasa, 20 Desember 2016 | 19:18 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jelang tutup tahun stok mobil di dealer belum sepenuhnya terjual. Kemudian dijual kembali tahun depannya dengan VIN (Vehicle Identification Number) tahun ini.

Penumpukan stok ini biasa terjadi, apalagi kondisi penjualan mobil juga masih menunjukkan tren yang belum membaik. Alhasil stok semua merek mobil di dealer pasti ada saja.

Terutama varian mobil yang bukan tergolong volume maker. Untuk memetakan stok yang ada di dealer, kami pun melakukan observasi langsung. Tentu dengan maksud sebagai bahan informasi, paling tidak bisa menjadi gambaran bagi Anda yang tahun depan mengincar VIN 2016. • Harryt/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Toyota

Toyota: Stok Justrus Berkurang

Mampir ke dealer Auto2000 Permata Hijau, Jakbar. Jualan diklaim lancar jaya, tanpa terlalu banyak menyisakan stok.

“Kalau dilihat tren penjualan Desember justru naik. Justru stok kita kurang, karena biasanya demand tinggi di bulan Desember, asumsinya meningkat 20 persen dibanding November,” terang Jimmy Irawan, Kepala Cabang Auto2000 Permata Hijau, Jakbar.

Namun ia mengakui model yang bukan tergolong volume maker, stoknya masih cukup banyak. “Iya kalau volume maker seperti Avanza, Innova dan Calya stoknya justru kurang. Di luar itu, stoknya cukup banyak. Tapi umumnya akan diburu pada akhir tahun, asumsi konsumen diakhir tahun banyak diskon,” lanjut Jimmy.

Hal ini juga dibenarkan Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM).

“Toyota tahun ini tidak punya stok VIN 2016 terlalu banyak, paling untuk unit-unit CBU (Completely Built Up) yang masih di kapal, itupun sudah milik customer. Serta CKD (Completely Knock Down) juga tidak banyak, kebanyakan dari government atau perusahaan yang harus tahun 2016 spending-nya,” ucapnya. • Harryt/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Mitsubishi

Mitsubishi: Alokasi Unit Sesuai Demand

Di dealer Srikandi Diamond Motors, Cabang Mitsubishi Pos Pengumben, penumpukan stok tidak terjadi. Pasalnya, dari pihak Agen Pemegang Merek (APM), PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sudah mengalokasikan unit sesuai dengan target dan penjualan kendaraan.

“Kalau di kita tidak banyak, karena memang sudah sesuai. Jadi, untuk stok yang ada kita optimis akan habis hingga akhir tahun, meskipun kita tidak memiliki program khusus dan hanya ikut program KTB,” jelas Bagus Marsetiadi, Branch Manager PT Srikandi Diamond Motors, Pos Pengumben.

Untuk jumlah ketersedian unit di Pos Pengumben, pria ramah ini mengatakan ada sekitar 40 unit dari model seperti Mitsubishi Pajero Sport, Outlander Sport, dan Mirage.

“Untuk penjualan VIN 2016 tahun depan pasti akan ada diskon, sekitar Rp 8 sampai 9 jutaan. Tergantung stok mana yang ada, tapi sampai saat ini stok masih aman. Tidak kelebihan dan kekurangan,” jelas Bagus. • Arief/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz: Stok Aman

Dijelaskan General Manager PT Cakrawala Automotive Rabhasa (CAR, Kuningan, Lisa Wijaya, untuk stok Mercy hingga bulan ini terbilang masih aman.

“Untuk stok unit kendaraan Mercedes-Benz di dealer ini masih aman, tidak berlebihan dan juga kekurangan. Namun, untuk berapa total jumlahnya tidak bisa disebutkan,” jelas Lisa Wijaya.

Sementara itu, Lisa menjelaskan untuk segmen mobil premium, jika masih ada stok unit tahun ini untuk dijual atau masih tersisa hingga tahun depan, pastinya akan ada diskon atau program penjualan khusus untuk menghabiskan stok unit kendaraan tersebut.

“Bukan hal umum ya, pasti akan ada diskon. Tapi untuk berapa besarannya tidak bisa disebutkan,” tambahnya.

Nah, untuk segmen premium untuk program penjualan penarik untuk mengejar target penjualan memang sudah tidak dilakukan di bulan ini. Karena biasanya, konsumen sudah tidak memikirkan penjualan mobil dan sudah tidak berada di Jakarta dan pergi berlibur. • Arief/otomotifnet.com

KIA

KIA: Manfaatkan Showroom Event

Normalnya stok unit kendaraan hingga memasuki bulan terakhir, juga terjadi di salah satu cabang dealer Kia Motors Indonesia (KMI) di Tebet, Jakarta Selatan.

“Untuk unit yang ready, ada Kia Picanto dan Rio. Namun untuk berapa jumlahnya, tidak bisa saya sebutkan harus tanya ke Pusat,” jelas Juniardo Akbar, Branch Manager Kia Mobil Dinamika, Tebet, Jakarta Selatan.

Sementara itu, untuk promo atau program penjualan untuk meningkatkan penjualan dan menghabiskan stok kendaraan tahun ini, KIA Tebet masih mengandalkan showroom event atau mengundang konsumen untuk datang ke dealer dan memberikan informasi terkait line-up produksi.

“Untuk program showroom event masih lanjut, masih ada diskon atau program menarik untuk konsumen,” pungkasnya. • Arief/otomotifnet.com

Suzuki: Enggak Terlalu Banyak

Di salah satu dealer resmi Suzuki, beberapa model masih banyak stoknya. “Sampai saat ini stok Ertiga, Karimun Wagon R, APV, S-Cross dan sebagainya masih ada. Jumlahnya bervariatif, mulai dari 3 sampai 10 unit lagi,” beber salah satu tenaga penjual di Tangerang Selatan.

Tiap dealer tentu berbeda jatahnya, ada yang masih pegang stok banyak, ada pula yang sisa sedikit. Namun secara keseluruhan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku stok tahun ini tinggal sisa sedikit.

“Kalau untuk stok 2016 enggak terlalu banyak. Penjualan 3 bulan terakhir kita naik terus,” terang Makmur, Direktur Marketing PT SIS.

Lantas apakah ada antisipasi untuk menyeimbangkan forecast stok, apa strateginya? Enggak ada antisipasi khusus, karena produksi sudah disesuaikan dengan VIN-nya,” jawabnya. • Harryt/otomotifnet.com

Honda: Hanya Warna Tertentu

Stok mobil Honda disalah satu dealer resmi diklaim sisa sedikit. Salah satunya di dealer Honda Megatama Kapuk, Jakut.

“Kalaupun ada stok paling tinggal warna-warna tertentu saja. Misalnya warna cokelat, biru dan merah,” ungkap Andika Prahalim, Kepala Cabang Honda Megatama Kapuk, Jakut. Selain itu menurutnya, populasi mobil bertransmisi manual juga menyisahkan stok cukup lumayan.

“Penggunaan transmisi manual mulai turun, khususnya di Jakarta yang notabene kerap macet. Orang lebih memilih transmisi otomatis,” lanjutnya.

VIN 2016 diprediksi masih tersedia tahun depan, lantas berapa perkiraan diskonnya?

“Diskonnya bervariatif, tergantung mobilnya. Misalnya saja Honda Brio Satya VIN 2016, diskonnya bisa lebih dari Rp 10 juta. Kemudian Honda Mobilio VIN 2016 bisa diskon Rp 20 juta,” jawabnya lagi. • Harryt/otomotifnet.com

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa