Nih Keuntungan Pakai Filter Oli Asli Yamaha, Jangan Salah Pilih

Senin, 19 Desember 2016 | 15:19 WIB

Jakarta - Mesin motor terkini dilengkapi pula dengan filter oli untuk mendukung kinerja oli mesin. Gunanya, menyaring kotoran berupa gram sisa gesekan antarkomponen di dalam mesin, fungsi lainnya adalah memastikan oli yang bersirkulasi di jalur pelumasan mesin tetap baik dan tidak ada penyumbatan.

Gambaran cara kerjanya dimulai ketika mesin hidup. Secara otomatis, oli bersirkulasi didorong oleh pompa oli menjangkau semua bagian mesin sampai yang terkecil sekalipun. Gesekan di kruk as, piston sampai noken as akan dilumasi.

Oleh pompa oli ini juga, oli mesin didorong menuju filter oli, dipaksa melewati sekat penyaring sehingga terjadi pemisahan partikel-partikel padat sisa gesekan mesin dengan oli. Oli yang sudah bersih kemudian dikeluarkan dari filter oli dan disirkulasikan kembali.

 

Namun, harus waspada jika sudah terlalu kotor, kapasitas penampungan di filter akan mengalami kepadatan yang cukup tinggi. Dalam kondisi ini oli yang dipompa akan di aliran kembali ke dalam mesin tanpa dilakukan pemisahan partikel kotoran. Artinya filter oli tidak lagi berfungsi menyaring kotoran.

Jadi, oli yang melumasi komponen mesin adalah oli kotor. Wah, bahaya dong!

 

JANGAN DIBERSIHKAN!
Kondisi Filter oli yang sudah sangat kotor akan tampak sangat mencolok. Bisa dengan mudah diamati dari berubahnya warna serat filter dari kuning jadi coklat kehitaman, tanda bahwa partikel kotoran sudah terlampau banyak.

Namun jangan gegabah, jangan berinisiatif untuk membersihkannya. Pasalnya, filter oli yang sudah sangat kotor memang tidak akan dapat digunakan lagi, baik dengan cara dicuci maupun disemprot karena serat filter oli hanya sekali saja menangkap kotoran dengan maksimal.

Apabila dicuci struktur serat akan mengembang dan menutupi pori-pori serat dan apabila di semprot, kotoran yang sudah mengendap akan tertumpuk ke dalam celah serat. Solusinya langsung ganti!

 

JADWAL GANTI FILTER OLI
Enggak susah mengingat kapan harus ganti filter oli, oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang merancang dan memproduksi motor-motor berperforma tinggi, direkomendasikan untuk melakukan penggantian filter oli tiap 2 kali ganti oli Yamalube.

Hal ini harus dilakukan karena setiap putaran mesin akan selalu menyisakan partikel gesekan dan akan menurunkan perfoma mesin meskipun oli masih baru. Maka dari itu, untuk menjaga kualitas oli, keawetan komponen mesin dan mempertahankan performa terbaik motor itu sendiri, pastikan filter oli diganti setiap 2 kali penggantian oli mesin.

Jangan salah pilih ya, pastikan juga menggunakan suku cadang asli Yamaha yang telah dirancang untuk performa terbaik motor Yamaha-mu! ADV

 


 

Editor : Advertorial
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA