Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Adaptor Batang Wiper Kendaraan Jepang. Baca Kode Dulu, Baru Bisa Pasang

Parwata - Minggu, 25 Desember 2016 | 01:20 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Memasuki musim dimana hujan lebih sering mendera, pasti butuh sapuan wiper yang maksimal agar pandangan ke depan lebih bersih dan jernih. Nah, pilihan wiper sih banyak banget. Tinggal sesuaikan selera deh. Paling enak tentu cari wiper standar dengan batang besi.

Tapi kalau ingin pakai model hybrid atau frameless, pasti butuh adaptor untuk dipasangnya. Enaknya wiper seperti merek Hella, sudah dijual untuk khusus kendaraan asal Jepang. Jadi lebih mudah untuk pemasangan.

Namun beberapa jenis wiper seperti merek Wealthy punya ragam adaptor untuk dipasang pada berbagai jenis batangnya. Lalu, pilih adaptor yang mana dong dari sekian banyak opsi itu?

“Untuk kendaraan Jepang, kebanyakan pakai adaptor dengan kode F3,” papar Almus Hidayat, Sales Manager PT Welty mega Sejahtera yang memasarkan merek Wealthy.

Lalu, gimana cara pasangnya supaya pandangan makin optimal? Langsung lihat foto berikut ya. • Rio/otomotifnet.com

No caption
No credit
No caption
Foto 1

1. Ragam wiper sangat banyak, beberapa dilengkapi adaptor untuk batang wiper supaya muat untuk beragam jenis kendaraan. Nah, adaptor mana yang cocok untuk kendaraan asal Jepang?

No caption
No credit
No caption
Foto 2

2. Ujung batang wiper kendaraan asal Jepang biasanya berbentuk melengkung. Nanti pilih adaptor dengan kode F3. Kode ini tertera di sisi sampingnya kok. Pasangnya, pertama buka klip di ujung adaptor, lalu masukkan ujung batang wiper dan tekuk hingga sejajar kembali dengan batang wiper. Namun jangan didorong sampai besi bagian bawah batang wiper terlihat, karena ada bagian pada adaptor yang akan dimasukkan ke pengait pada wipernya.

No caption
No credit
No caption
Foto 3

3. Lihat pada wiper, ada besi di bagian yang akan masuk ke adaptor. Besi ini harus dimasukkan ke pengait pada adaptor. Tekan hingga terdengar bunyi klik.

Foto 4

4. Baru setelah itu dorong sekalian batang wiper hingga mentok ke ujung adaptor. Nah kunciannya adalah klip plastik kecil pada bagian ujung yang mesti dibuka dulu supaya batang wiper bisa mengunci. Setelah mentok, baru tutup kembali klip plastik mungilnya agar wiper tidak bergerak-gerak. Selamat menikmati sapuan wiper yang bersih ya…

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa