Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Sebab Tenaga GSX-R150/S150 Lebih Besar dari Satria F150

Antonius Yuliyanto - Jumat, 23 Desember 2016 | 13:41 WIB

Jakarta - Kendati punya mesin dengan basis sama, ternyata performa Suzuki GSX-R150/S150 lebih besar dibanding All New Satria F150. “Base mesin memang sama, tapi karena beda berat, seting diubah agar karakternya sesuai dengan sport bike,” terang Morikawa Daigo, Assist. To Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Tenaga maksimal GSX-R150 dan GSX-S150 mencapai 14,1 kW atau 18,9 dk di putaran mesin 10.500 rpm. Sedang torsinya 14 Nm di 9.000 rpm. Sementara All New Satria F150 hanya 13,6 kW atau 18,2 dk di 10.000 rpm dan torsi 13,8 Nm di 8.500 rpm.

Ketiganya pakai mesin 4 langkah, 1 silinder 150 cc 4 klep DOHC dengan pendinginan cairan, detail internal mesin sampai rasio kompresi pun sama. Nah di mana bedanya sehingga beda tenaga dan torsi?

“Untuk GSX-R150 dan GSX-S150 ada perubahan di mapping ECM, injektor, rasio dan ukuran boks filter,” terang Riecky Patrayudha, Service Head PT SIS. Masih menurutnya, mapping ECM disesuaikan dengan karakter GSX sebagai motor sport.

“Injektor GSX-R150 punya 10 lubang, sedang Satria hanya 4, sehingga semprotan bensin lebih banyak, tekanan bensinnya juga lebih besar,” lanjut Riecky. Sedang boks filter juga dibikin lebih besar, “Kapasitasnya 4,6 liter,” imbuhnya.

Sementara rasio, perubahannya menurut Riecky menyeluruh dari rasio percepatan dan rasio akhir, hanya saja berapa detail perbandingannya belum disebutkan, “Tunggu nanti awal tahun depan pasti dikasih tahu,” tutupnya. (Otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa