Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hyundai Ioniq Hybrid Diklaim Lebih Irit Dari Prius, Mencapai 23,4 km/liter

Fransiscus Rosano - Selasa, 27 Desember 2016 | 14:59 WIB
No caption
No credit
No caption

Amerika Serikat - Terjun ke salah satu segmen paling diminati pada era hijau ini, ternyata Hyundai Ioniq bisa dianggap cukup impresif dengan hasil uji konsumsi yang diklaim lebih irit dari Toyota Prius.

Bagi yang belum familiar dengan namanya, Hyundai Ioniq merupakan line-up raksasa Korea yang dibuat fokus untuk menghasilkan konsumsi bahan bakar irit, atau bisa dibilang siap untuk menjadi rival Toyota Prius.

Secara garis besar, Hyundai Ioniq dibagi menjadi tiga varian berbeda yaitu Ioniq Hybrid, Ioniq Blue yang menjadi varian plug-in hybrid dan terakhir Ioniq Electric yang sesuai namanya, adalah varian full elektriknya.

Klaim yang dimaksud adalah menggunakan hasil tes EPA (Environmental Protection Agency), lembaga perlindungan lingkungan dari Amerika Serikat yang secara rutin menguji setiap mobil yang beredar di AS dan memajang angka konsumsi yang dihasilkan dalam tiga kategori yaitu: City (konsumsi dalam kota), Highway (konsumsi jalan tol) dan Combined (konsumsi rata-rata).

Seperti ditulis Autoblog.com, Toyota Prius generasi keempat yang menggunakan mesin 2ZR-FXE 1.797 cc dengan motor listrik saja berhasil menghasilkan konsumsi rata-rata versi EPA senilai 52 mpg atau sekitar 22,13 km/liter, dengan angka konsumsi City 22,98 km/liter (54 mpg) dan Highway 21,28 km/lter (50 mpg).

Hyundai Ioniq Hybrid, pesaing langsung Toyota Prius menghasilkan angka lebih baik di ketiga indikator. Hasil konsumsi bahan bakar EPA City menyatakan 23,4 km/liter (55 mpg), Highway 22,98 km/liter (54 mpg) dan kombinasinya 23,4 lm/liter (55 mpg).

Perlu diketahui, Hyundai Ioniq Hybrid mengusung mesin 4-silinder 1.600 cc berteknologi GDI (Gasoline Direct Injection) dengan motor listrik + baterai Lithium-ion Polymer dan yang paling unik, transmisi Dual-Clutch yang diklaim pertama di mobil hybrid.

Head to head dengan Prius, setiap poin konsumsi Hyundai Ioniq Hybrid lebih unggul

Sebagai tambahan, angka konsumsi bahan bakar varian plug-in hybrid dan full elektrik dari Hyundai Ioniq juga ditampilkan.

Hyundai Ioniq Blue, varian plug-in hybrid, menghasilkan angka 24,26 km/liter (57 mpg) untuk City, 25,11 km/liter (59 mpg) untuk Highway dan kombinasinya 24,68 mpg.

Kemudian varian elektriknya, Hyundai Ioniq Electric, dinyatakan dalam satuan ‘mpge’ (miles per gallon electric), yang merupakan satuan ekuivalen bensin bila pengisian listrik dibandingkan dengan bahan bakar konvensional. Angka untuk City terpatok di 63,83 km/liter (150 mpge), Highway 51,91 km/liter (122 mpge) dan kombinasinya 57,8 km/liter (136 mpge). (Otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa