Ini Cara Mengangkat Wiper Renault Kwid Sebelum Mencucinya

Rabu, 28 Desember 2016 | 15:25 WIB

Jakarta - Mengetes salah satu mobil Eropa yang dijual dengan harga sangat terjangkau, terdapat hal unik pada Renault Kwid saat Otomotifnet.com coba mencucinya.

Bila coba mengangkat wiper, ujung bawah batangnya akan tersangkut kap mesin. Bagaimana dong caranya kalau mau mengangkat wiper agar bisa dicuci?

Nah sebelumnya, Renault Kwid bukan satu-satunya mobil yang ujung wipernya tenggelam dalam kap mesin sehingga tersangkut bila diangkat. Mobil Eropa seperti Range Rover Evoque atau Audi Q7 pun seperti ini. Bahkan, All New Nissan X-Trail pun demikian.

Bedanya, mobil-mobil selain Renault Kwid tadi memiliki fitur khusus mengangkat wiper untuk dicuci. Misalnya Audi Q7 dengan pengaturan pada MMI-nya atau Nissan X-Trail dengan mengaktifkan tuas wiper 2x pada mode ignition. Kwid? Tidak ada.

Mengikuti metode pada owners’ manual hatchback mungil Eropa ini, ada cara tertentu untuk mengangkat wiper Renault Kwid agar bisa berdiri ketika dicuci. Namun ingat, ini adalah budget car sehingga caranya manual dan tidak bisa dianggap fitur.

Ikuti langkah-langkahnya:

Masukkan anak kunci ke dalam lubang, putar ke kanan hingga Ignition-ON ketika aki mengaktifkan setiap modul elektronik di mobil, namun mesin belum menyala
Naikkan tuas wiper ke atas, batang wiper akan bergerak.
Ketika batang wiper mencapai posisi teratas dan sebelum turun kembali, segera putar kunci ke arah kiri untuk mematikan arus listrik sehingga batang wiper berhenti di atas.

Angkat batang wiper secara manual dan Voila! Bisa dicuci deh sekarang kaca depannya. Untuk mengembalikan batang wipernya, turunkan wiper, kembali nyalakan ke Ignition-ON agar wiper turun ke bawah.

Mudah kan?

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA