Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Unik, Honda CX500 Ini Pakai Bodi Berbahan Batu Pegunungan!

Kamis, 5 Januari 2017 | 14:15 WIB
No caption
No credit
No caption

Jerman -  Edan!. Mungkin kata itulah yang tepat mewakili perasaan kita ketika melihat modifikasi garapan Chris Zernia ini. Betapa tidak, builder yang berdomisili di Mendig, Jerman, itu telah membuat Honda CX500 lansiran 1982 layaknya kendaraan zaman purba dengan bodywork berbahan batunya. 

Dilihat sekilas, motor ini memang tampak sangat padat dan sudah pasti berat. Jelas, untuk bodywork-nya saja memiliki berat total sekitar 60 kg. Bahannya sendiri sejenis batu basalt yang ditambang langsung dari Pegunungan Eifel, yang terletak hanya beberapa kilometer dari rumah sang builder.

Untuk informasi, basalt adalah batuan vulkanik padat dan agak berat, namun dapat dibentuk relatif mudah. Material batu di motor ini sendiri dipasang di area headlamp, tangki, jok, papan nomor, termasuk helm untuk penggunanya. Unik ya.

No caption
No credit
No caption
Tuh lihat, sampai helm-nya pun terbuat dari batu bro
No caption
No credit
No caption
Honda CX500 custom garapan Chris Zernia

Dari sisi ini terlihat jika motor ini masih mempertahankan sebagian besar model dasar Honda CX500. Selain bagian mesin, model pelek casting wheel dan tangki bahan bakarnya pun hampir sama. Meski demikian, untuk tangki bahan bakar ada tambahan sedikit rongga kecil dalam tangki untuk menyalurkan bahan bakar ke ruang mesin.

Untuk menopang bobotnya yang berat, Zernia juga memperkuat sasis motor ini dengan tambahan pipa baja berdiameter empat milimeter yang dipasang di bawah jok batu. Ngomong-ngomong soal jok, jangan  pernah berfikir kalau kita bisa duduk berlama-lama di situ ya. Karena pastinya bakal menderita banget.

Oiya, tidak hanya sektor sasis, suspensi juga di-upgrade menggunakan milik suspensi motor-motor besar. Untuk suspensi depan menggunakan milik Honda VT600. Sedang sok belakang menggunakan milik Harley Dyna.

No caption
No credit
No caption
Lampu depan Honda CX500 custom garapan Chris Zernia
No caption
No credit
No caption
Lampu rem Honda CX500 custom garapan Chris Zernia

Meski kesan purba sangat terasa di motor ini, Zernia nyatanya tak meninggalkan unsur-unsur modernitas dalam karyanya. Buktinya, lampu depan dan lampu belakang sudah mengadopsi teknologi LED. Khusus lampu belakang, desainnya cenderung sipit dan tajam layaknya lampu belakang moge-moge kekinian. Keren.

No caption
No credit
No caption
Honda CX500 custom garapan Chris Zernia

Motor ini diberi nama Fukker, dan sudah dilombakan dalam kontes modifikasi yang diselenggarakan majalah Custombike. Hebatnya, Fukker masuk ke dalam tiga besar. Nah, target selanjutnya Zernia adalah membuat sepeda motor batu tercepat di dunia dan berambisi memecahkan Guiness World Record. Gokil.(Otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
Honda CX500 custom garapan Chris Zernia
Ini kondisi standar Honda CX500 lansiran 1982

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa