Unik, Honda CX500 Ini Pakai Bodi Berbahan Batu Pegunungan!

Kamis, 5 Januari 2017 | 14:15 WIB

Jerman -  Edan!. Mungkin kata itulah yang tepat mewakili perasaan kita ketika melihat modifikasi garapan Chris Zernia ini. Betapa tidak, builder yang berdomisili di Mendig, Jerman, itu telah membuat Honda CX500 lansiran 1982 layaknya kendaraan zaman purba dengan bodywork berbahan batunya. 

Dilihat sekilas, motor ini memang tampak sangat padat dan sudah pasti berat. Jelas, untuk bodywork-nya saja memiliki berat total sekitar 60 kg. Bahannya sendiri sejenis batu basalt yang ditambang langsung dari Pegunungan Eifel, yang terletak hanya beberapa kilometer dari rumah sang builder.

Untuk informasi, basalt adalah batuan vulkanik padat dan agak berat, namun dapat dibentuk relatif mudah. Material batu di motor ini sendiri dipasang di area headlamp, tangki, jok, papan nomor, termasuk helm untuk penggunanya. Unik ya.

Tuh lihat, sampai helm-nya pun terbuat dari batu bro
Honda CX500 custom garapan Chris Zernia

Dari sisi ini terlihat jika motor ini masih mempertahankan sebagian besar model dasar Honda CX500. Selain bagian mesin, model pelek casting wheel dan tangki bahan bakarnya pun hampir sama. Meski demikian, untuk tangki bahan bakar ada tambahan sedikit rongga kecil dalam tangki untuk menyalurkan bahan bakar ke ruang mesin.

Untuk menopang bobotnya yang berat, Zernia juga memperkuat sasis motor ini dengan tambahan pipa baja berdiameter empat milimeter yang dipasang di bawah jok batu. Ngomong-ngomong soal jok, jangan  pernah berfikir kalau kita bisa duduk berlama-lama di situ ya. Karena pastinya bakal menderita banget.

Oiya, tidak hanya sektor sasis, suspensi juga di-upgrade menggunakan milik suspensi motor-motor besar. Untuk suspensi depan menggunakan milik Honda VT600. Sedang sok belakang menggunakan milik Harley Dyna.

Lampu depan Honda CX500 custom garapan Chris Zernia
Lampu rem Honda CX500 custom garapan Chris Zernia

Meski kesan purba sangat terasa di motor ini, Zernia nyatanya tak meninggalkan unsur-unsur modernitas dalam karyanya. Buktinya, lampu depan dan lampu belakang sudah mengadopsi teknologi LED. Khusus lampu belakang, desainnya cenderung sipit dan tajam layaknya lampu belakang moge-moge kekinian. Keren.

Honda CX500 custom garapan Chris Zernia

Motor ini diberi nama Fukker, dan sudah dilombakan dalam kontes modifikasi yang diselenggarakan majalah Custombike. Hebatnya, Fukker masuk ke dalam tiga besar. Nah, target selanjutnya Zernia adalah membuat sepeda motor batu tercepat di dunia dan berambisi memecahkan Guiness World Record. Gokil.(Otomotifnet.com)

Honda CX500 custom garapan Chris Zernia
Ini kondisi standar Honda CX500 lansiran 1982
Editor :
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA