Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Atasi Air di Lampu Sein Spion, Kuncinya Jangan Sampai Retak

Parwata - Jumat, 6 Januari 2017 | 21:48 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Coba diingat-ingat lagi, apa sein di spion Anda pernah beradu dengan benda keras? Dalam hal ini benda keras yang dimaksud bisa spion kendaraan lain, juga bahkan spion motor atau juga tembok.

“Kalau merasa pernah spionnya kepentok, coba cek kondisi mika seinnya. Jangan-jangan ada retakan atau bahkan pecah,” saran Hamdan Fadillah dari bengkel Syifa Jaya Jl. H. Mencong Ciledug, Tangsel.

Lebih lanjut pria ramah tersebut bilang, adanya retakan atau bahkan pecah, maka air bisa masuk dan membuat sein enggak bekerja maksimal. Apabila memang sudah terlanjur ada air yang masuk ke dalam sein di spion, maka ada 2 cara yang bisa dilakukan.

Tentunya cara-cara tersebut, enggak perlu membuat Anda mengganti spion secara keseluruhan. Mau tahu caranya? * (oct/otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
Foto 1

1. Hamdan memastikan kalau ada air dalam sein spion, bukan karena bawaan atau cacat pabrik. Pemakaian membuat dalaman sein terisi air.

No caption
No credit
No caption
Foto 2

2. Beradu dengan benda keras, jadi penyebab utama mika sein pada spion retak dan jadi tempat air masuk. Untuk airnya sendiri bisa dari hujan juga saat mencuci kendaraan.

No caption
No credit
No caption
Foto 3

3. Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah air masuk ke dalam sein adalah dengan mengganti mika yang harganya Rp 100 ribu. “Enggak bisa sembarangan mengerjakannya. Pemakaian sealant yang enggak rata, bakal jadi jalur air masuk,” jelas Hamdan.

No caption
No credit
No caption
Foto 4

4. Merogoh kocek Rp 150 ribu jadi cara yang ke-2, untuk mengatasi masalah kebocoran itu. Dengan cara ini, Anda bisa dapat rumah spion seken untuk menggantikan yang retak atau pecah.

Foto 5

5. Mika atau unit sein di spion bawaan Toyota lebih banyak tersedia, misalnya Avanza, Kijang Innova atau Yaris. “Bawaan Honda jarang ada,” aku Hamdan.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa