Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Soal SIM C Buat Moge, Ini Tanggapan BMW Motorrad Indonesia

Jumat, 6 Januari 2017 | 17:49 WIB
Paulus B. Suranto Direktur Sales dan Marketing PT Maxindo Moto Nusantara
OTO-Denta
Paulus B. Suranto Direktur Sales dan Marketing PT Maxindo Moto Nusantara

Jakarta - Seperti telah diinformasikan sebelumnya, per hari ini pemerintah mulai memberlakukan secara resmi SIM C1 dan C2. Dengan adanya kebijakan itu, maka pengendara motor gede (moge) wajib memiliki Surat Izin Mengemudi tersebut.

Rinciannya, SIM C1 untuk kapasitas mesin 250 cc hingga 500 cc. Dan SIM C2 untuk pengendara motor berkapasitas mesin di atas 500 cc.

(Baca: http://otomotifnet.com/Motor/Umum/Sim-C1-Dan-C2-Mulai-Diberlakukan-Besok)

Lalu seperti apa tanggapan Agen Pemegang Merek sepeda motor dengan kapasitas mesin besar seperti BMW?

"Sebenarnya sama dengan yang berlaku di negara-negara maju, SIM untuk motor juga dibedakan berdasarkan kapasitas mesinnya. Motor dengan kapasitas mesin besar memang berbeda dengan motor berkapasitas mesin kecil (< 250 cc), baik dari segi bobot motor, maupun dari segi pengendalian. Oleh karenanya, pengklasifikasian SIM berdasarkan kapasitas mesin sangat masuk akal dan wajar," buka Paulus B. Suranto, Direktur Sales dan Marketing PT Maxindo Moto Nusantara, Agen Pemegang Merek BMW Motorrad, kepada OTOMOTIFNET.COM, Jum'at (6/1).

Namun menurut Paulus, pengurusan SIM tersebut juga harus dipastikan dengan baik pelayanannya.

"Tidak layak jika untuk mengurus SIM saja misalnya harus menghabiskan waktu seharian, apalagi jika ternyata belum siap pelayanannya. Ini juga perlu diperhatikan," tambah pria ramah ini.

Nah, ada satu lagi permintaan khusus Paulus kepada pemerintah terkait peraturan ini. "Setelah dilakukan pembedaan SIM ini, perlu juga segera ditindaklanjuti dengan mengizinkan motor berkapasitas mesin besar (> 500 cc) untuk menggunakan fasilitas jalan bebas hambatan (tol), sama juga seperti yang diberlakukan sejak lama di negara-negara maju," pungkasnya. (Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa