Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Isi Bensin Sembarangan, Pereli Honda Dipenalti di Reli Dakar 2017

Jumat, 6 Januari 2017 | 18:44 WIB

Bolivia – Usai menempuh stage 4 reli Dakar 2017 dari San Salvador de Jujuy (Argentina) menuju Tupiza (Bolivia) hari kamis (5/1), pereli Honda Joan Barreda gagal manyandang status pereli tercepat karena dipenalti.

Ketika reli di Amerika Selatan ini memasuki perbatasan Bolivia setelah menempuh jarak kompetisi 416 km, Joan Barreda yang memimpin di stage sebelumnya, membuka jalan untuk mulai rute yang berada di ketinggian di atas 3.000 meter.

Joan Barreda sempat beradu cepat dengan juara bertahan dari tim KTM, Toby Price. Namun Price mengalami kecelakaan, tulang kaki kirinya patah. Setelah diangkut helikopter, panitia mengabarkan Price tidak bisa melanjutkan lomba.

Barreda pun masuk finish di urutan kedua, di belakang pereli KTM, Matthias Walkner. Hasil stage 4 memperpanjang keunggulannya di klasemen, meninggalkan pereli tim Husqvarna, Pablo Quintanilla 18 menit.

Sayang, pihak panitia mengumumkan bahwa Joan Barreda dan dua rekan satu timnya di pabrikan Honda lainnya mendapat tambahan waktu, alias kena penalti.

Seperti dirilis motorsport.com, Barreda bersama Michael Metge dan Paulo Goncalves, diketahui telah mengisi bahan bakar di zona dilarang selama rute dari de Jujuy ke Tupiza.

Panitia menyatakan, mereka juga melihat ke dalam data pereli tim pabrikan Honda lainnya, Ricky Brabec.

Setelah hasil penyelidikan lebih lanjut oleh pengawas lomba, Brabec dan pengendara Honda South America Franco Caimi dan pereli Honda Portugal Pedro Bianchi Prata, semuanya dikenakan penalti tambahan waktu satu jam.

Honda dapat mengajukan banding atas keputusan tersebut, meskipun dari perwakilan Dakar menyebut bahwa pelanggaran itu telah jelas.

Hukuman yang didapat Barreda, mempromosikan Pablo Quintanilla untuk memimpin sementara reli Dakar 2017. (Otomotifnet.com)

Klasemen Keseluruhan Setelah Stage 4
1. Pablo Quintanilla     Husqvarna     12jam 54mnt 02dtk
2. Matthias Walkner     KTM     +2mnt 07dtk
3. Stefan Svitko     KTM     +5mnt 52dtk
4. Sam Sunderland     KTM     +6mnt 12dtk
5. Gerard Farres     KTM     +12mnt 02dtk
6. Xavier de Soultrait     Yamaha     +12mnt 38dtk
7. Adrian van Beveren     Yamaha     +14mnt 50dtk
8. Pela Renet     Husqvarna     +15mnt 13dtk
9. Joan Barreda     Honda     +41mnt 41dtk
10. Diego Duplessis     KTM     +42mnt 15dtk

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa