Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jakarta Kantongi 7 Triliun Rupiah Dari Pajak Kendaraan Bermotor 2016, Belum Termasuk BBN

Harryt MR - Senin, 9 Januari 2017 | 19:34 WIB

Jakarta - DKI Jakarta menerima pajak cukup besar dari pajak kendaraan bermotor (PKB).

Berapa jumlah persis PKB yang didapat Jakarta tahun lalu? Hasil kasak-kusuk ke kantor Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI Jakarta, didapat data target dan realisasi penerimaan pajak daerah.

Kepala UPT Informasi dan Penyuluhan DPP DKI Jakarta, Erma Sulistianingsih menyebut PKB menyumbang pemasukan paling besar dari semua jenis pajak yang diterima Jakarta.

Yakni dari target Rp 7,05 triliun, pajak PKB berhasil terealisasi Rp 7,141 triliun. Persisnya adalah Rp 7.141.515.131.349, terhitung hingga 31 Desember 2016.

Jumlah pendapatan PKB tersebut terbilang meningkat dari tahun lalu (2015), yang sebesar Rp 6,79 triliun.

Selain PKB masih ada lagi pendapatan pajak BBN-KB (Bea Balik Nama-Kendaraan Bermotor). Targetnya adalah Rp 4,8 triliun, realisasinya sebesar Rp 5.003.996.134.800. Meningkat dari tahun 2015 yang berjumlah Rp 4,6 triliun.

Nah, secara total penerimaan pajak daerah yang diterima Jakarta tahun 2016 sebesar Rp 31.615.266.727.211 (tahun lalu Rp 29,07 triliun). Itu sudah termasuk pajak-pajak lainnya, seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak reklame, pajak parkir dan sebagainya.

Meningkatnya pendapatan pajak yang disumbang dari kepemilikan kendaraan bermotor ini rupanya ada andil signifikan dari penerapan pajak progresif. (Otomotifnet.com)

Editor : Harryt MR

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa