Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Pembelaan Yamaha Terkait Tudingan Kartel

Harryt MR - Senin, 9 Januari 2017 | 21:39 WIB

Jakarta - Diberitakan sebelumnya bahwa tim investigator Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) membacakan kesimpulan dan rekomendasi, Senin (09/01) terkait dugaan kartel antara Yamaha dan Honda. 

Tak tinggal diam PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)  sebagai Terlapor I memberikan pembelaan berupa kesimpulan atas bukti-bukti dan keterangan saksi ahlinya.

Melalui kuasa hukumnya, Eri Hertiawan, Yamaha menyampaikan 3 poin yang menjadi pembelaan atas tidak terbukti adanya dugaan kartel seperti yang dituduhkan tim investigator.

Poin pertama adalah aspek formil. Bahwa tim investigator KPPU telah melanggar due process of law. Disebutkan, pada 22 Januari 2015 tim investigator KPPU mendatangi kantor terlapor I tanpa surat pemberitahuan dan diduga melakukan pengambilan dokumen perusahaan tanpa pendampingan pihak berwajib.

Di hari yang sama, tanpa dibekali surat panggilan, tim investigator KPPU telah memeriksa Yutaka Terada (mantan Direktur Marketing YIMM) di luar kantor KPPU, yaitu di kantor Terlapor I. Pemeriksaan dilakukan tanpa dampingan kuasa hukum.

Dengan begitu keterangan Yutaka Terada disebut tidak mempunyai nilai pembuktian karena disampaikan tidak di bawah sumpah dan tidak di muka persidangan.

Kuasa hukum juga menilai tim investigator berusaha membentuk opini publik dengan menyampaikan berbagai pernyataan melalui media massa yang insinuatif.

Selain itu, tim investigator diduga melakukan pelanggaran Pasal 39 Ayat (3) Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 dengan cara mempublikasikan informasi rahasia Yamaha dalam presentasi sidang Pemeriksaan Pendahuluan.

Kejanggalan lain, tim investigator tidak menjelaskan periode dugaan kartel dan terdapat kesalahan pada penyajian fakta, analisa, dan pengambilan kesimpulan dalam Laporan Dugaan Pelanggaran (LDP).

Poin kedua adalah soal tak adanya perjanjian atau kesepakatan pada pertemuan antara pihak Yamaha dengan Honda dalam Golf pada November 2014. Hal ini tak bisa membuktikan ada perjanjian karena tidak ada bukti pembicaraan harga.

Lalu soal bukti email internal Yamaha pada 28 April 2014 yang dijadikan bukti tim investigator KPPU dianggap tidak sah. Alasannya, surel itu bukan produk sah pengambilan keputusan dan tidak pernah dikomunikasikan ke pihak Honda.

Dilanjutkan pada poin ketiga. Tidak pernah ada penetapan harga bersama dengan Honda. Yamaha selalu bertindak independen dalam menentukan harga dan punya strategi, mekanisme, serta kebijakan harga yang berbeda. (Otomotifnet.com)

Editor : Harryt MR

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa