Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Triumph Bonneville 2016, Dibikin Lebih Nakal!

Jumat, 20 Januari 2017 | 11:16 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Tampang standar Triumph Bonneville tergolong sangat kalem, lebih cocok untuk tunggangan bapak-bapak. Makanya buat Riza Satria yang berjiwa muda, dirasa enggak cocok. “Dari sebelum beli sudah punya rencana dibikin scrambler biar lebih nakal,” ujar pria 36 tahun ini.

Saking enggannya dengan tampang standar, dari dealer bukan dikirim ke rumah Riza di Tebet, Jaksel, tapi langsung ke bengkel modifikasi. Tepatnya ke The Katros Garage (TKG) yang berada di Jl. Cempaka 1, Ciputat Timur, Tangsel. Andi Akbar, pemilik TKG pun langsung beraksi. Bagian utama yang dirombak agar kesan scrambler kuat sektor kaki-kaki.

“Aslinya pakai pelek racing 17 inci, kita ganti model jari-jari kombinasi 19 dan 17 inci, lalu dibalut ban kembang kasar,” terang modifikator yang akrab disapa Atenk ini. Proses perubahan pelek ternyata cukup rumit, karena teromol yang cocok untuk motor ini jarang, “Ada tapi jumlah jari-jarinya 40, cari peleknya susah, jadi kita custom saja biar pakai jari-jari 36,” terang Atenk.

Setelah teromol jadi, giliran pelek depan yang mesti bikin. “Cari ring 19 inci dengan lebar 3 inci susah, jadi bikin saja,” terangnya. Sedang belakang lebar 3,5 inci ring 17 termasuk mudah.

No caption
No credit
No caption
 

Setelah teromol dan pelek beres, dikawinkan dengan ban Metzeler Tourance. “Sengaja pilih tipe ini, kembangannya cocok untuk tema scrambler bisa di aspal dan tanah, kendati lebih sering dipakai di aspal, hehee...” kekeh Riza.

Tampang makin nakal setelah sepatbor dicustom lebih mungil pakai bahan plat 1,2 mm. “Makin cocok setelah as sokbreker dikasih booth, itu aksesori resmi Triumph, tapi belinya mesti ke Perancis lewat Ebay,” terang Atenk. Sedang sokbreker belakang cukup dicat hitam.

Biar kesan motor bapak-bapak makin hilang, Atenk merombak jok jadi lebih tipis dan sempit pas dengan sasis, tentu sekaligus ganti kulitnya. Warnanya tampak klop dengan tangki yang telah dicat ulang dan dikasih strip silver. Bagian mesin juga kena sentuhan, dengan dikasih pelindung atau skid plate.

Dan untuk menaikkan performa, knalpot ganti full system dari Arrow konfigurasi 2-2, “Dan ECU sudah diremap menyesuaikan knalpot, tenaga naik nih,” puas Riza yang berkantor di Ciputat.

Siap diajak ngeblar deh!• (Aant/Otomotifnet.com)

Plus: Perangkat lalu-lintas lengkap banget
Minus: Posisi kontak di bawah segitiga masih kurang rapi

Modifikasi Triumph Bonneville, Dibikin Lebih Nakal!

Data Modifikasi:
Ban: Metzeler Tourance 110/80-19 & 140/80-17
Pelek: custom 3.00x19 & TK 3.50x17
Teromol: custom
Jok: custom
Setang: Suzuki TS125
Sepatbor: custom
Lampu rem: aftermarket
Lampu sein: aftermarket
Lampu depan: Daymaker
Tabung minyak rem depan: PSM
Skid plate: custom
Knalpot: Arrow
The Katros Garage : 0838-0857-9799

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa