Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Yamaha V-Ixion, Kebutuhan Buat Turing

Sabtu, 21 Januari 2017 | 06:14 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Macam-macam cara orang untuk persiapan turing, ada yang nambahin box buat bawa barang, ada juga yang upgrade performanya agar enggak ketinggalan ketika ketemu trek lurus yang panjang.

Nah, Ismail Nurdiansyah pemilik Yamaha V-Ixion lansiran 2014 ini lebih senang meningkatkan tenaga motornya. Mempercayakan modifikasi mesin pada Ultraspeed Racing (USR), langkah bore up dilakukan. Biar enggak penasaran, yuk intip langsung ubahan Upgrade Performa Yamaha V-Ixion yang powernya naik 11,33 dk ini. • (Sigit/Otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
 

Cylinder Head 
Menyesuaikan kapasitas mesin yang sudah naik jadi 192 cc, lubang masuk dan buang di-porting dengan masih mengikuti lekukan awal, hanya diameter dibuat lebih besar beberapa mm yang juga diikut dengan pemasangan payung klep yang lebih lebar. Tapi sayang ukuran detailnya dirahasiakan. Dengan begitu noken as juga ikutan kena imbas, dimodifikasi agar berdurasi 243º dengan lift 7,2 mm. Sedang untuk kompresi dipatok 12,5:1, terbilang cukup padat untuk setelan turing

Throttle Body SYS
Agar kebutuhan bahan bakar bisa terpenuhi, Freddy panggilan akrab bos USR ini enggan reamer throttle body standarnya, karena sudah ada produk SYS ukuran 33 mm, yang dikombinasi dengan velocity stack dengan panjang 10 cm.

Piston 65 mm
Dongkrak power secara instan, Freddy Gautama tuner sekaligus owner USR langsung colok blok bore up 65 mm berbahan forged berlabel SRP. Volume ruang bakar langsung naik jadi 192 cc dari yang awalnya hanya 150 cc.

ECU aRacer & Koil USR 
Pasokan bahan bakarnya diatur dengan ECU racing aRacer Mini plus, sehingga kebutuhan bahan bakar dari rpm bawah hingga puncaknya diatur dengan sempurna, dengan air fuel ratio 13,2:1. Kemudian untuk pembakarannya ini disempurnakan lagi dengan koil racing USR.

Knalpot
Sektor gas buang, produk RX-8 yang sudah menempel dari awal motor ini datang tetap dipertahankan. Knalpot berbahan stainless ini ternyata mampu menyempurnakan semua setingan yang dibuat dari awal dengan karakter suara yang ngebass

Hasil
Dengan spek seperti ini mampu memuntahkan power 22,57 dk di 10.600 rpm dan puncak torsi di 16,4 Nm pada 8.400 rpm, naik dua kali lipat dibanding standar. Grafiknya juga terus ngisi dari putaran bawah sampai ke atas.

 

Hasil Test:
Boreup
Power : 22,57 dk @ 10.600 rpm
Torsi : 16,4 Nm @ 8.400 rpm
Standar
Power : 11,24 dk @ 8.700 rpm
Torsi : 9,7 Nm @ 7.700 rpm

Data Modifikasi:
Blok set : SRP 65 mm
Throttle body : SYS 33 mm
ECU : aRacer RC Mini Plus
Koil : USR
Cam : USR
Knalpot : RX8
USR : 0817858080

 

 

 

 

 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa