Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Off-Road Land Rover Defender Custom

Parwata - Sabtu, 28 Januari 2017 | 14:42 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Hasil Penuh Kreasi

Awalnya ingin bikin kendaraan yang siap tempur untuk adventure off-road. Akhirnya malah banyak pernik unik yang tercipta

Jakarta - Proyek modifikasi ini diawali dari keinginan untuk memiliki Land Rover Defender. “Tapi rasanya sayang beli Defender buat diacak-acak untuk off-road. Harganya kan masih mahal banget, hehehe...,” canda Syamsu Setiabudi.

Makanya, sebenarnya Land Rover berwarna putih milik Syamsu ini bukanlah sosok Defender yang asli.

Referensinya dari buku manual Land Rover Owner, yang diberikan setiap pembelian Land Rover. “Cuma buku manual dari Land Rover yang memberikan info lengkap untuk kendaraanya. Dari hal terkecil hingga pemilihan final gear ideal, semua diulas. Itu patokan saya ketika membangun,” terang Syamsu.

Dimulai dari pemilihan sasis, menurut buku Land Rover Owner, sasis paling ideal adalah ukuran 100 inci atau 2.540 mm pada wheelbase. Land Rover merekomendasi panjang ini paling ideal untuk melahap segala medan off-road. Oleh karena itu, dipilih sasis Range Rover Classic yang punya wheelbase 100 inci.

Pemilihan mesin pun dilakukan berdasarkan referensi. “Ada dua mesin yang digunakan untuk kendaraan militer di Inggris, yakni 200 Tdi dan 300 Tdi. Saya lebih memilih mesin 300 Tdi, karena sudah pasti dijamin ketangguhannya,” jelas ayah 2 putri ini.

Beban yang ditanggung tiap perjalanan off-road juga dikalkulasi Syamsu. “Sebab saya tidak suka adventure jarak pendek. Off-road berhari-hari rasanya lebih puas.”

Seperti apa kreasi yang disematkan di Defender hasil racikan Syamsu? Silahkan cermati detilnya satu persatu. * (Rindra/otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
Pelindung belakang

 

Pelindung belakang
Jip dengan wheelbase panjang cenderung menyambar sesuatu saat off-road di lokasi sempit. Batang-batang pohon sudah hal lumrah saat menyambar bagian belakang. Untuk mengatasinya dibuatkan pelindung untuk bagian belakang. Dan dapat berfungsi sebagai meja tambahan saat camping

No caption
No credit
No caption
Tempat Snacth block

Tempat snatch block
Untuk kendaraan berat snatch block sudah pasti dibutuhkan saat recovery, agar kerja winch semakin ringan. Dari pada susah mengambil di dalam interior. Dibuatkan tempat khusus snatch block persis di sebelah winch.

No caption
No credit
No caption
Winch belakang

 

Winch Belakang
Sedangkan winch belakang menggunakan Warn M12000. Di sini tempat waffle board bisa jadi meja tambahan saat dibutuhkan.

No caption
No credit
No caption
Kamera

 

Kamera
Saat mengoperasikan winch belakang jadi lebih mudah dipantau dengan menggunakan kamera. Peranti ini juga berfungsi melihat kondisi di belakang saat mundur.

No caption
No credit
No caption
Tempat recovery

Tempat recovery
Alat recovery pastinya sering dibutuhkan saat off-road. Di atas kap mesin dibuatkan keranjang tempat menaruh strap. Lengkap dengan tempat shackle dan menggulung tali plasma winch.

No caption
No credit
No caption
Lampu ban

 

Lampu ban
Keempat roda disiapkan lampu penerangan. Ini pertama kali digunakan pada Reinforest Challenge awal tahun 2000. Berfungsi saat melewati jembatan buatan di malam hari, sehingga co-driver dapat melihat dengan jelas posisi keempat roda.

Tempat Sling

 

Tempat sling
Sama seperti yang ada di kap mesin, di belakang juga disediakan tempat menggulung tali plasma. Saat butuh recovery jarak jauh, tinggal tarik tali plasma tanpa harus menunggu saat mengeluarkan dari drum winch.

Data Modifikasi
Sasis: Range Rover Classic
Bodi: Land Rover Defender Custom
Mesin: Land Rover 300 TDI Four Cylinder
Girboks: R380
Transfercase: R230T
Final gear: Aschroft 4:11
Gardan: Rover Type
As roda: Aschroft
Ring Pinion: Aschroft
Locker: ARB Airlocker (depan-belakang)
Link-arm: Custom
Sokbreker: Terrafirma
Per: Military Spec 1 Ton
Pelek: Military Spec
Ban: Simex Extreme Trekker 35 inci
Lampu Sorot: Rigid Industries
Winch: G12 Goodwinch Military Spec (Depan), Warn M12000 ( Belakang)
Bengkel: Dikerjakan Sendiri

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa