Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Off-road Toyota Hilux N130 1997, Kepingin Unik

Parwata - Kamis, 26 Januari 2017 | 15:50 WIB
No caption
No credit
No caption

Modifikasi Off-road Toyota Hilux N130 1997 Kepingin Unik

Punya kendaraan off-road tidak harus melulu yang pasaran bukan

Jakarta - Bagi Yoga, double cabin jadi kendaraan 4x4 paling pas untuk adventure off-road. Selain daya muat banyak, plus tahan banting karena terlahir sebagai kendaraan pekerja. Setelah menimbang dari beberapa alternatif, akhirnya pilihan jatuh pada Toyota Hilux N130.

“Saya suka tampilannya karena mirip Toyota Surf, tapi bodinya masih d-cab,” terang pria muda ini. Setelah luntang-lantung berburu, akhirnya didapat walau kondisinya bisa dibilang ‘setengah bahan’.

Baginya, ciri khas d-cab adalah bak di belakang.  “Makanya bak belakang tetap seperti adanya. Tapi diubah sedikit dimensinya agar lebih asyik dipakai off-road,” ucapnya.

Agar lebih enak melahap handicap ‘V’ dan mengurangi panjang badan Hilux, bak pun dipotong sekitar 50 cm mendekat ke sasis. Bagian yang dipotong antara fender dan ujung bak bagian belakang. Jadi bentuk lekukan bak masih terlihat seperti aslinya, hanya lebih pendek.

“Menurut saya malah dimensinya lebih pas, tidak terlalu panjang,” celetuknya. Hilux ini didesain untuk turing off-road lebih dari dua hari. Dia pun memutuskan untuk tidak terlalu banyak modifikasi.

Sebisa mungkin masih dalam hitungan pabrik, mulai dari tinggi dan lain-lainnya. Karena kendaraan untuk off-road turing sebisa mungkin nyaman, dan kendaraan yang nyaman itu tidak berubah jauh dari hitungan bawaan pabrik. Setuju! * (Rindra/otomotifnet.com)

Mesin

Mesin diesel Toyota berkode 3L sudah terlalu konvensional dan punya kesan lemot. Karena kebutuhan off-road yang cukup berat, diputuskan untuk mengganti mesin Toyota 1KZ-TE, yang lebih bertenaga, lebih memupuni saat di trek off-road berat dengan beban yang berat

Suspensi

Beruntung Hilux N130 miliknya versi Australia, karena suspensi aslinya sudah heavy duty dengan sistem over-axle, dan per depan sudah asli reverse shackle. Agar lebih nyaman, Yoga menggantinya dengan per dan sokbreker dari Old Man Emu (OME), bantingan keras khas tunggangan pikap pun sudah tidak ada

Winch

Basic Warn 8274 di-upgrade menggunakan top housing double motor dari Miyogi. Kalau masih kurang, Yoga sudah mempersiapkan recovery cadangan, winch PTO custom

Data Modifikasi:

Mesin: Toyota 1KZ-TE
Transmisi: Manual 5 Speed
Gardan: OEM Hilux
Final Gear: 7:37
Air Locker: Yukon Airlocker (Belakang)
Limited Slip Diff: OEM Hilux (Depan)
Per: Old Man Emu (Overaxle)
Sokbreker: Old Man Emu
Pelek: Beadlock 15 inci
Ban: Simex Extreme Trekker 35 inci
Bumper: Custom
Rollbar: Custom
Body Protector: Custom
Tenda Samping: Ironman Awning
Winch: Warn 8274 Upgrade to Miyogi Double Motor (depan), PTO Custom (depan)

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa