Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bisakah Bodi All New Yamaha R15 Dipasang ke Yamaha R15 Lama?

Rabu, 1 Februari 2017 | 11:14 WIB

Jakarta - All New Yamaha R15 hadir dengan mesin dan desain yang benar-benar baru. Dari sektor mesin, sudah naik kapasitas menjadi 155 cc, ditambah penyematan teknologi VVA, Assist & Slipper Clutch.

Sementara pada sisi desain, All New R15 hadir dengan tampang lebih agresif. Dicirikan model lampu yang sipit dan alur desain yang segaris dengan konsep R-series. Di luar itu, satu-satunya komponen All New R15 yang dipertahankan dari R15 lama adalah rangka delta box-nya.

Nah, jika rangkanya masih sama, muncul pertanyaan apakah body kit All New R15 bisa diaplikasikan ke R15 generasi lawas? "Pada dasarnya, semua part bodi All New R15 bisa diaplikasi ke model lama," terang Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, saat dihubungi OTOMOTIFNET.COM beberapa waktu lalu.

"Hanya Saja", lanjut Ridwan, "Perlu dilakukan banyak ubahan atau modifikasi untuk memasang body kit tersebut". Wajar, karena kendati sasis masih satu tipe yaitu deltabox, namun sasis All New R15 tentunya telah disesuaikan kembali dengan mesin dan body kit yang baru.

"Pastinya dudukan atau bracket untuk cover berbeda, jadi harus buat ulang dan disesuaikan," tambah pria yang berdomisili di Bekasi ini. Jadi pada intinya memang bisa ya.

Lalu berapa sih biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengaplikasikan body kit All New R15 di YZF-R15? "Pastinya mahal, Mas. Mending beli langsung All New R15 yang baru," kekeh Ridwan.

Memang jika diperhatikan, desain All New R15 ini cukup menggoda. Yamaha sepertinya betul-betul mendengarkan suara keluhan konsumen dari para pengguna old R15 maupun para calon konsumen yang berencana meminangnya.

Sektor wajah yang sebelumnya dianggap terlalu lebar kini dibuat lebih tajam dengan dengan lampu sipit plus air scoop. Desain tangki juga dibuat lebih gambot kendati menggunakan model kondom.

Yang unik, bagian buritan dibikin seperti buritan moge-moge Yamaha dengan model bodi berlubang yang sekaligus bisa difungsikan sebagai behel seperti motor pada umumnya. Oiya, bagian jok juga sudah direvisi ketinggiannya supaya lebih nyaman untuk pengendara dan boncenger.(Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa