Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis Tahun Pertama All New Honda CBR250RR Siapkan Rp 363 Ribu

Parwata - Kamis, 9 Februari 2017 | 14:38 WIB

Jakarta - All New Honda CBR250RR sudah di tangan, bebas digeber, diajak nongkrong juga dimodifikasi. Tapi tetap jangan lupa lakukan servis berkala. Perawatan motor sport 250 cc ini di tahun pertamanya kira-kira ada apa saja dan berapa biayanya? Yuk simak ulasannya. (Fariz / Otomotifnet.com)

1.000 km atau 1 bulan
Servis pertama kali lakukan saat odometer sudah menyentuh angka 1.000 km atau 1 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Seperti motor baru lainnya pada servis pertama ini langsung mengganti oli dan juga saringan oli mesin, “Oli mesin 1,9 liter untuk penggantian rutin dn 2,1 liter jika dibarengi penggantian saringan oli mesin,” buka Yuswan salah satu mekanik di AHASS Wahana, Gunung Sahari, JakPus.

Olinya menggunakan AHM Oil SPX-1 yang sudah fully synthetic. Pada servis pertama ini jasa servis dan oli masih ditanggung dalam KPB (Kupon Perawatan Berkala) sehingga konsumen hanya perlu membeli saringan oli mesin seharga Rp 260 ribu saja.

6.000 km atau 6 bulan
Kembali lagi ke bengkel resmi pada 6.000 km atau 6 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Pada kilometer ini ternyata tidak ada penggantian part, hanya melakukan pengecekan saja. Seperti pemeriksaan minyak rem, keausan kampas rem, dan sistem kopling.

“Kopling harus mempunyai jarak bebas 10–20 mm, kalau terlalu dekat bisa membuat rumah kopling mudah aus atau kemakan,” lanjut pria berkacamata ini. Pada KPB kedua ini konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya apapun selama tidak ada penggantian part, jasa servis masih gratis.

12.000 km atau 12 bulan
Berikutnya lakukan servis berkala tepat diumurnya yang pertama 12 bulan atau 12.000 km tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Pada servis berkala ini penggantian hanya oli mesin saja.

Selebihnya cukup melakukan pemeriksaan seperti periksa keausan kampas rem, periksa switch lampu rem, periksa arah sinar lampu depan, periksa standar samping, periksa suspensi, periksa roda atau ban, periksa cairan pendingin radiator, periksa sistem pendingin dan periksa kepala kemudi.

“Pemeriksaan cairan pendingin pada tabung reservoir wajib, jangan sampai cairan pendingin berada di atas batas upper. Karena jika motor dalam suhu tinggi maka cairan pendingin akan berbalik dan memenuhi tabung reservoir hingga meluap,” wanti pria ramah ini.

Di servis ketiganya ini jasa servis ringan masih gratis sehingga konsumen hanya perlu membeli oli mesin saja, rincian harganya lihat di tabel ya.

AHASS Wahana Gunung Sahari 021 6289175

Tabel Harga :
Servis 1.000 km atau 1 bulan :
Jasa servis: Free
Oli mesin: Free
Saringan oli mesin: Rp 260.000
Total: Rp 260.000

Servis 6.000 km atau 6 bulan :
Jasa servis: Free
Total: Free

Servis 12.000 km atau 12 bulan :
Jasa servis: Free
Oli mesin: SPX-1 1 liter Rp 52.000 x 2
Total: Rp 104.000

Total biaya tahun pertama: Rp 364.000

Tabel Pengecekan:
Periksa putaran stasioner mesin
Periksa & lumasi rantai roda
Periksa sistem rem
Periksa sistem kopling
Periksa mur, baut, pengencang
Periksa saluran bahan bakar
Periksa cara kerja gas tangan
Bersihkan pernapasan bak mesin
Periksa minyak rem
Periksa keausan kampas rem
Periksa switch lampu rem
Periksa arah sinar lampu depan
Periksa standar samping
Periksa suspensi
Periksa roda/ban
Periksa cairan pendingin radiator
Periksa sistem pendingin
Periksa kepala kemudi

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa