Bedah Sepuluh Fitur dan Teknologi Unggulan Yamaha XMAX 250, Ada Apa Saja?

Jumat, 24 Februari 2017 | 11:30 WIB

Jakarta - Yamaha XMAX 250 pertama diperkenalkan di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) awal November 2016 lalu, kemudian selubungnya dibuka lagi saat peluncuran All New R15 akhir Januari lalu di Sirkuit Sentul dan terakhir bercengkrama dengan calon pemilik pertamanya pada #XMAXFIRSTOWNERS Factory Visit (21/2) lalu.

Dari segi desain, XMAX 250 ini dikonsep sporti, dinamis dan berkesan tegas, jujur sangat menggoda sejak pandangan pertama, keren! Lalu apa sih fitur unggulannya? Ternyata enggak hanya keren, fiturnya juga melimpah!

Yuk biar tahu kita kupas satu-persatu fitur XMAX 250 ini. ( Aant / Otomotifnet.com)

Windshield dan Setang
Menunjang kenyamanan, windshield tinggi sudah jadi standar. Asyiknya bisa disetel kendati manual, alias arus lepas bautnya. “Bisa digeser naik 5 cm,” terang Ridwan. “Sedang setang bisa digeser mundur 2 cm,” imbuhnya.

Mesin mirip versi Eropa, cuma beda kapasitas ruang bakar saja

Mesin
Spesifikasi resmi belum keluar, tapi yang pasti akan pakai mesin 250 cc 4 langkah 1 silinder SOHC 4 klep berpendingin cairan. Mesin ini merupakan versi lebih kecil dari XMAX 300 yang beredar di Eropa, tapi keduanya sama-sama buatan Pulogadung, Jaktim.

Saat TCS 'on', roda belakang enggak gampang spin, lebih safety!

Traction Control System (TCS)
Salah satu fitur keselamatan yang disematkan pada XMAX 250 adalah Traction Control System (TCS). Cara kerjanya ECU akan memantau kecepatan kedua roda, jika terdeteksi beda kecepatan karena selip, maka TCS langsung bekerja mengurangi tenaga ke roda.
 
“TCS XMAX 250 ini generai 1.5G, yang dibaca ECU adalah putaran mesin, kecepatan roda dan sistem injeksi. Ketika selip, untuk mengurangi tenaga maka ECU akan memundurkan ignition timing dan mengurangi semprotan bensin,” urai Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

TCS ini bisa diaktifkan dan dimatikan, caranya dengan pencet dan tahan tombol di setang kanan. Aktif atau mati akan ditampilkan di layar spidometer TCS ON atau TCS OFF.

Indikator lengkap, bahkan ada takometer segala!

Panel Instrumen
Ukurannya yang besar, panel instrumennya tak hanya mudah dipantau tapi info yang disajikan juga sangat lengkap. Di kiri ada spidometer, di kanan takometer. Di tengahnya ada layar LCD dengan beragam info, seperti fuelmeter, suhu mesin, odometer, tripmeter, trip oil, trip v-belt, trip time, fuel consumption, jam, tegangan aki, suhu udara, TCS.

Tinggal kantongin saja remotnya

Smart Key System
Maxi Scooter Yamaha kompak dipasang Smart Key System, seperti juga di Aerox 155 VVA. Anak kunci cukup dimasukkan saku, dengan radius 120 cm ke depan dan belakang, dan 100 cm ke samping maka akan terbaca oleh receiver, maka kenop kontak bisa diaktifkan.

Di bawah kenop kontak ada 2 tombol, untuk membuka jok dan tangki bensin. Dan untuk emergency jika aki bermasalah, ada kunci cadangan untuk membuka jok, lubangnya ada di bawah sebelah kanan, di atas mesin dekat dinamo starter.

Fitur lain? lanjut ke halaman berikutnya;

 

 

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA