Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki WagonR Anyar Diluncurkan di Jepang, Karimun Juga Bisa Tampil Keren

Fransiscus Rosano - Minggu, 5 Februari 2017 | 18:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Jepang - Bila di Indonesia lebih dikenal sebagai budget car atau LCGC (Low Cost Green Car), WagonR selalu tampil lebih bergaya di Jepang, menunjukkan bagaimana sebuah Kei Car kotak berukuran mikro pun dapat unggul dari segi style. Sama seperti generasi keenam Suzuki WagonR ini yang baru diluncurkan di Jepang.

Dibangun di atas platform “HEARTECT” baru yang lebih ringan dan rigid tentunya, Suzuki WagonR anyar ini mengandalkan suspensi yang juga menyatu sebagai bagian dari mobil untuk memperbaiki segi performa dan menurunkan bobot mobil secara keseluruhan.

Bila dibandingkan dengan Suzuki Karimun WagonR yang dijual di Indonesia, WagonR generasi keenam di Jepang ini memiliki dimensi yang lebih pendek dengan panjang 3.395 mm, lebar sama 1.475 mm dan tinggi lebih pendek 1.650 mm.

No caption
No credit
No caption
Varian FA dan Hybrid FX kedapatan tampang depan lebih konvensional

Uniknya, kini Suzuki WagonR tersedia selain dalam 3 varian berbeda di luar Stingray. FA jadi varian terstandarnya, Hybrid FX di atasnya dengan tampilan eksterior mirip FA namun ketambahan ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai Lithium Ion untuk memberi fungsi mild hybrid Ertiga Diesel yang Otomotifnet pernah bahas di sini.

Terakhir, WagonR varian Hybrid FZ dengan fascia depan yang memiliki desain dual headlights bertingkat, sehingga terlihat paling keren dari depan. Ada yang seperti meilihat Toyota Vellfire mini dari WagonR Hybrid FZ ini?

Tak seperti di India dan Indonesia yang mengandalkan mesin 1.000 cc, Suzuki WagonR di Jepang ini menanamkan mesin berkode R06A berkapasitas 0,6 liter atau 600 cc dengan konfigurasi 3 silinder segaris.

Interior mendapat beberapa jejak dari Ignis, namun dengan desain lebih tegak ala mobil kotak

Tenaga yang dihasilkan dipatok di 51 dk dan torsinya 60 Nm, sedangkan varian yang menggandeng nama “Hybrid” di depan akan mendapatkan keuntungan mild hybrid dari motor listrik WA05A bertenaga 3 dk dengan torsi instan 100 Nm. Varian flagship pun mendapat mesin R06A berturbo yang bisa menghasilkan tenaga 63 dk dan torsi 98 Nm.

Namun yang akan lebih dirindukan masyarakat Indonesia bila generasi anyar WagonR ini masuk ke Indonesia pasti adalah fiturnya.

Sebut saja smart key untuk passive keyless entry dan tombol start/stop engine, heated seats, lampu depan LED, spion lipat elektrik, automatic climate control, hingga head unit layar sentuh dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Suzuki WagonR anyar mulai dijual di Jepang dengan harga Rp 127 jutaan untuk varian FA 2WD CVT, sedangkan varian tertinggi Hybrid FZ 4WD CVT dibanderol Rp 180 jutaan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa