Proton Iriz Siap Kembali Meramaikan City Hatchback di Indonesia

Senin, 6 Februari 2017 | 12:06 WIB

Jakarta - Setelah lama vakum, akhirnya pabrikan otomotif dari Malaysia siap kembali bangkit di Indonesia dengan Proton Iriz. Yes, salah satu mobil termurah negara tetangga ini akan kembali meramaikan kelas city hatchback Tanah Air.

Berdasarkan informasi yang Otomotifnet terima, PT Proton Edar Indonesia telah siap memasukkan Iriz ke Indonesia. Bukan hal yang mengejutkan, mengingat banyaknya spy shot hatchback mungil ini yang beredar di media sosial beberapa waktu silam.

Untuk yang sebelumnya kurang mengenal line-up Proton, Savvy atau hatchback terkecilnya yang sempat dijual di Indonesia bisa dianggap pendahulu Iriz yang kini beredar di Malaysia.

Meski terlihat kecil seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, sebenarnya dimensi Proton Iriz bisa dikatakan lebih mirip dengan small hatchback seperti Honda Jazz atau Mazda2, dengan panjang 3.920 mm, lebar 1.722 mm dan tinggi 1.554 mm. Bahkan wheelbase 2.555 mm sedikit lebih panjang dibanding Honda Jazz GK5 atau All New Toyota Yaris.

Dari segi mesin, Proton Iriz kedapatan dua pilihan jantung penggerak. Yang pertama adalah mesin 4-silinder 1.332 cc dengan output tenaga 94 dk pada 5.750 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.000 rpm.

Seperti Preve dan Suprima Plus, Proton Iriz juga dilimpahi fitur baik dari segi kenyamanan maupun keselematan

Satu lagi jauh lebih besar, yaitu 1.6 L 4-silinder segaris berkapasitas 1.597 cc, meski tenaga 107 dk bisa dibilang masih lebih kecil dibanding mesin 1.500 cc pada pesaing Jepang kebanyakan, namun torsinya lebih besar di 150 Nm. Keduanya dipasangkan ke transmisi manual 5-percepatan atau CVT (Continously Variable Transmission).

Mesin mana yang akan masuk ke Indonesia? Tebakan kami, opsi pertama 1.3 L lah yang akan dipilih agar Proton Iriz dapat bersaing dengan city hatchback seperti Honda Brio RS, Daihatsu Sirion, Kia Picanto, Nissan March dan Hyundai Grand i10 di Indonesia dari segi harga.

Sudah khas Proton dari dulu untuk memasukkan fitur safety berlimpah, sebut saja ABS dengan EBD, BA (Brake Assist), VDC (Vehicle Dynamic Control), ESC (Electronic Stability Control), TC (Traction Control), Hill Hold Assist dan 6 airbags (1.6 L) semuanya tersedia di Iriz. Sayangnya, rem belakang semua varian masih menggunakan jenis teromol.

Sedangkan soal fitur, Proton Iriz juga tak bisa diremehkan oleh kehadiran DRL, auto headlamp, kamera mundur, keyless entry dengan push-start button, tombol audio di setir, hingga head unit layar sentuh 6,2 inci pada varian flagship.

Belum jelas kapan PT Proton Edar Indonesia akan meluncurkan dan menjual Proton Iriz secara resmi di Indonesia, namun sumber kami menyebutkan tanggal 9 Februari 2017 ini jadi kemungkinan besar pengenalannya di dalam negeri.

Sabar ya!

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA