Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Pasang Pelek Ring 14 Inci Yamaha NMAX, Ada Tiga Cara

Parwata - Rabu, 15 Februari 2017 | 07:34 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bosan dengan pelek Yamaha NMAX yang begitu-begitu saja, beberapa modifikator mulai mencoba iseng untuk riset pelek ring 14 inci. Mulai dari cara akal-akalan, hingga sekarang sudah ada pelek ring 14 inci khusus untuk Yamaha NMAX.

Enggak percaya?  (Sigit / Otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
 

Pakai Pelek Vario

Paling iseng yang dilakukan oleh Kemal dari LD Garage, Depok, Jawa Barat. Pria ramah ini memasang pelek Vario 125 eSP di Yamaha NMAX. Ternyata bisa nih! “Gigi nanas pelek belakang NMAX dan Honda Vario 125 eSP sama persis.

Namun harus menambahkan bushing dan braket baru untuk penutup bekas rem teromol Vario di bagian dalam,” ungkap pria ramah yang lagi kebanjiran order modifikasi NMAX ini. “Sisi satunya lagi, mesti ditambah daging baru untuk dudukan nap disc brake dan posisi sensor ABS, sedangkan untuk depannya juga harus tambah daging untuk sensor ABS dan menyesuaikan baut disc brake NMAX,” jelas Kemal.

Untuk biayanya, Kemal memberikan estimasi Rp 2,5 sampai 4 juta tergantung spek pelek dan bannya, sudah termasuk bushing dan braket disc brake. “Sedangkan untuk pelek Vario 125 saja dan ban sekitar Rp 1,5 sampai 2,5 jutaan,” terangnya lagi.

Peleknya bisa dipilih mau OEM Vario 125 atau produk aftermarket yang banyak beredar. Atau malah ganti jadi-jari? Juga bisa pakai teromol Vario 125.

No caption
No credit
No caption
 

Pelek Jari-jari

Di LD Garage, teromol jari-jari Vario 125 juga dimodifikasi dengan treatment yang sama seperti ubahan pada pelek palang Vario 125. Nantinya tinggal dikawinkan dengan pelek 14 inci yang pilihannya beragam.

“Bisa pilih material pelek yang kuat semacam TK Excel atau Takasago,” terangnya seraya menyebutkan biaya untuk pasang pelek jari-jari ala LD Garage mengabiskan dana Rp 2,5 juta sampai 4 jutaan.

Buat yang enggak mau repot modifikasi teromol Vario, sekarang juga sudah ada teromol jari-jari khusus NMAX keluaran VND. Harganya Rp 1 juta satu set depan-belakang. Itu hanya teromolnya saja ya, siapkan dana buat beli pelek, jari-jari dan bannya.

 

Pelek Aftermarket

Sedangkan untuk pelek aftermarket sudah ada keluaran. Yaitu VRossi dan Racing Boy (RCB), lebar peleknya juga lumayan loh 4 inci untuk yang belakang. Bentuk palangnya, RCB ada 6 lurus-lurus khas pelek asal Malaysia ini. Sedang VRossi palang 9 miring mirip kipas dan terlihat lebih padat.

Ukuran Ban Yang Pas

Ukuran bannya, jika pasang pelek ring 14 ini pas kalau pakai 140/70-14 di belakang dan 120/70-14 untuk yang depan. Pilihan bannya juga melimpah, ada banyak tersedia di pasaran ketimbang ban diameter 13 inci.

Daftar Harga
Pelek Jari-jari Vario 125 : Rp 2,5–4 juta
Pelek Teromol Vario 125 eSP : Rp 1,5–2,5 juta
Teromol VND : Rp 1 juta
Pelek RCB : Rp 1,6 juta
Pelek VRossi : Rp 1,2 juta

Race Motor : 0216011951
Jaya Motor (Racing Boy) : 087877585888
Dony aNd Ezra : 08111097778
LD Garage : 085215504488

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa