Modifikasi MINI John Cooper Works World Championship 50 (R56) 2010, Manic Maniac

Kamis, 16 Februari 2017 | 16:14 WIB

Pasang kit stage 2+, bikin tenaganya melonjak hingga 290 dk!

Jakarta - Nama besar Manic Motorsport yang membuat Anthony tergoda untuk mengembangkan performa MINI John Cooper Works (JCW) World Championship 50 miliknya.
 
FYI, Manic Motorsport merupakan tuner yang sedang popular, berkat tangan dinginnya meramu performa mobil mungil legendaris ini agar lebih bengis.

Serunya, ubahan dan chip tuning yang dilakukan merupakan plug and play, sehingga praktis, aman dan langsung terasa khasiatnya. Anthony menggunakan stage 2+ yang langsung diprogramkan ke ‘otak’ mesin MINI JCW.

Tahapan ini membutuhkan penyesuaian beberapa komponen mesin. Contohnya, downpipe yang kini menggunakan Armytrix, exhaust set dari NM Engineering, discharge dan air charge pipe dari NM Engineering hingga intercooler Forge.

Stage 2+ memang mengharuskan penggantian beberapa komponen mesin, minimal pada downpipe dan exhaust set, agar kerja software yang sudah di-upgrade lebih maksimal,” sahut pria berkaca mata yang juga distributor komponen aftermarket untuk MINI, BMW dan VW ini.  

Dalam paket tuning stage 2+ dari Manic Motorsport ini, boost standar dinaikkan dari 1,3 bar menjadi 1,4 bar. Cukup banyak memang parameter settingan lainnya yang ditingkatkan oleh chip tuning.

Namun, inti dari optimalisasi terletak pada timing pengapian juga dimajukan (advance) dan suplai bahan bakar lebih deras untuk mendukung boost turbo yang kini lebih besar.

Tak hanya itu, Nicholas Kasberger, punggawa Manic Motorsport pun turun tangan, khusus untuk memaksimalkan setingan stage 2+ di MINI JCW milik Anthony.

”Jadi bisa dibilang, stage 2+ saya ini sedikit custom, karena dioptimalkan lagi sama Nicholas,” senyum Anthony bangga. Hasilnya, tenaga melonjak menjadi 290 dk yang terukur di mesin. Sementara tenaga maksimal MINI JCW dengan Manic stage 2+ hanya berkisar 250 dk.  

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA