Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Instrument Cluster Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Kurang Terang? Nih Cara Aturnya

Fransiscus Rosano - Kamis, 16 Februari 2017 | 10:59 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Merasa instrument cluster (gabungan takometer & spidometer) di Suzuki Ertiga Diesel Hybrid kurang terang di malam hari? Tenang, ada cara mengaturnya kok.

Berbeda dengan Suzuki Ertiga yang dijual di Indonesia yang memiliki backlight berwarna oranye untuk instrument cluster-nya, backlight Ertiga Diesel Hybrid berwarna biru dan putih, sehingga mungkin ada yang merasa warnanya kurang cerah di malam hari atau ketika lampunya dinyalakan.

Di instrument cluster itu sendiri, ada dua tombol, yang satu di ujung kanan takometer bertuliskan ’TRIP’ dan satu lagi di ujung kiri spidometer bergambarkan pengaturan lampu. Hanya saja, memutar tombol yang biasa digunakan untuk menerang-gelapkan lampu instrument cluster ini tidak terjadi apa-apa.

Caranya, perlu menyalakan lampu low beam terlebih dahulu, seperti memutar tuas lampu yang terlihat pada gambar di bawah ini. Dengan dinyalakannya lampu besar, maka backlight pada instrument cluster akan menyala.

No caption
No credit
No caption
Putar tuas lampu terlebih dahulu untuk menyalakan low beam dan backlight instrument cluster

Selanjutnya, barulah tombol di ujung kiri spidometer tersebut berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan instrument cluster. Tips dari kami, jangan takut-takut memutar tombol kecil tersebut karena memang terasa agak keras. Putar ke kiri untuk membuatnya lebih gelap dan ke kanan untuk lebih terang.

MID (Multi Information Display) akan menunjukkan level keterangan dari instrument cluster tersebut, dengan level minimalnya satu kotak dan maksimalnya enam kotak.

Putar tombol kecil ini setelah menyalakan lampu, baru bisa mengubah tingkat kecerahan instrument cluster

Mudah kan?

Sebenarnya hal ini bukanlah teknik baru. Namun mengingat trik untuk mematikan dan menyalakan bunyi dari remote Ertiga lainnya yang ternyata tidak bekerja di Ertiga Diesel Hybrid, kami ingin memastikan apakah trik-trik lainnya, seperti mengatur brightness instrument cluster masih berfungsi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa