Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ferrari 812 Superfast Punya 800 Ps dan 12 Silinder Untuk Menggantikan F12 Berlinetta

Fransiscus Rosano - Kamis, 16 Februari 2017 | 23:37 WIB
No caption
No credit
No caption

Maranello - Ferrari baru saja mengumumkan pengganti untuk gran tourer terkencangnya, F12 Berlinetta. Sambutlah, Ferrari 812 Superfast.

Pabrikan supercar Italia ini memilih untuk memperkenalkan 812 Superfast perdana ke dunia pada Geneva Motor Show ke 87 di bulan Maret 2017 mendatang.

Dengan tenaga total 800 ps (789 dk) yang dihasilkan dari mesin V12-nya, yang kami rasa jadi asal muasal nama 812 (800 ps + 12 silinder, get it?), Maranello meyakinkan ini adalah Ferrari terkuat dan tercepat yang pernah diproduksi. Maksudnya, jelas yang masuk ke level mass production, mengingat LaFerrari memiliki output total 950 dk.

Tenaga masif tersebut dihasilkan dari mesin V12 65 derajat naturally aspirated barunya, yang memiliki kapasitas 6.496 cc, tenaga 789 dk di 8.500 rpm dan torsi 718 Nm di 7.000 rpm.

Disambungkan ke transmisi dual clutch-nya yang diprogram dengan rasio gir khusus. Ferrari 812 Superfast diklaim dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 2,9 detik dan dapat menembus kecepatan maksimum di atas 340 km/jam.

Desain horizontal dasbor dibuat untuk mengimbangi perubahan ekstrem di eksterior dengan setir baru, jok baru serta sistem hiburan kabin yang anyar

Meski desain F12 Berlinetta masih sedikit terlihat, namun secara keseluruhan Ferrari 812 Superfast terlihat jauh lenih agresif, memanfaatkan desain two-box ala 365 GTB4 dari tahun 1969 dahulu.

Menurut kami, profil sampingnya lah dengan lekukan-lekukan ekstrem yang memberi tampang berkap panjangnya, membuat 812 Superfast menjadi terlihat sebagai gran tourer yang sangat sporty dan bertampang galak dengan distribusi bobot 47% di depan dan 53% di belakang.

Sama seperti Ferrari anyar lainnya, bagian belakang pun mengadopsi taillights dengan motif 4 lingkaran. Warna spesial Rosso Settanta untuk merayakan ulang tahun ke 70 dari perusahaan ini juga tersedia.

Sebagai intermeso, sepertinya The Prancing Horse mulai kehilangan sentuhan untuk memberikan nama eksotik. Setelah sebelumnya Ferrari LaFerrari yang punya arti "Ferrari The Ferrari", kemudian GTC4Lusso yang kami yakin hanya 1 dari 20 orang yang bisa mengingat namanya, kini Superfast yang memiliki arti sangat cepat. Hmm, kehabisan ide, Ferrari?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa