Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hyundai Accent Perdana di Kanada, Jadi Baby Elantra

Fransiscus Rosano - Jumat, 17 Februari 2017 | 14:46 WIB
No caption
No credit
No caption

Toronto - Hyundai baru saja mengungkapkan mobil kompak teranyarnya di Canadian International Auto Show 2017 di Toronto, Kanada (17/2). Memasuki generasi kelimanya, Hyundai Accent menerima perubahan total.

Meski kami masih bisa melihat sedikit jejak Accent sebelumnya dari profil samping seperti di pilar A dan C, namun seluruh bagian telah diubah untuk membuat wujudnya menjadi lebih menarik dan dewasa.

Lihat saja gril heksagonal raksasa di depan itu yang memiliki bilah-bilah krom, membuatnya sangar sekaligus agresif karena penggunaan headlights berproyektor dan DRL ala Genesis G80.

No caption
No credit
No caption
Lampu LED di belakang sangat menguatkan kesan ala Elantra dan sejalan desain Hyundai anyar

Bisa dibilang, fascia depan dan belakang Accent generasi kelima ini sangat mirip dengan Elantra jika bukan karena housing foglights-nya yang tidak vertikal juga seperti kakaknya itu. Baby Elantra!

Sama untuk bagian interior yang mendapat ubahan total. Di dalam, dasbor dibentuk mirip SUV Tucson, dengan frame grey meliputi layar sentuh 7 inci baru yang tentunya sudah kompatibel Apple CarPlay dan Android Auto.

Lainnya, climate control otomatis dengan frame piano black, tombol start/stop engine, MID berlayar TFT dan setir yang penuh dengan tombol pengatur audio dan cruise control jadi standar di dalam.

No caption
No credit
No caption
Seperti interior Tucson dalam bentuk sedan, layar sentuh 7 inci menawarkan Apple CarPlay dan Android Auto

Dengan platform barunya, Hyundai Accent lebih kaku 32 persen karena penggunaan high-strength steel dan pabrikan H miring dari Korea ini menjanjikan pengendalian yang lebih dinamis, lebih tenang serta perubahan suspensi yang seharusnya membuat secara keseluruhan menjadi lebih nyaman.

Untuk pasar Amerika Utara (AS dan Kanada), Hyundai Accent masih menggunakan mesin 1.6 L GDI (Gasoline Direct Injection) yang sama, namun mendapatkan revisi sedemikian rupa sehingga output totalnya berkurang dari 138 dk ke 132 dk. Begitu juga torsi yang turun dari 167 Nm ke 161 Nm.

Meski begitu, Hyundai mengklaim torsi pada 1.500 rpm meningkat 4,5 persen dibanding sebelumnya, dengan kata lain responnya akan lebih baik untuk pemakaian dalam kota.

Seperti sebelumnya, pilihan transmisi yang tersedia adalah manual 6-percepatan dan otomatis 6-percepatan dengan Shiftronic, juga diklaim akan menghemat bahan bakar 7 persen lebih baik dibanding generasi keempat berkode bodi RB.

Trim interior dibuat sporty menggunakan kombinasi hitam dan merah di jok yang bisa dilengkapi heater

Bagi yang ingin output lebih responsif, juga tersedia mode Sport.

Sementara itu, Autoguide mengatakan model hatchback atau 5-door dari Hyundai Accent ini akan menyusul kemudian di tahun 2018 nanti.

Apa jadinya Hyundai tanpa fitur-fitur berlimpah yang biasa ditawarkannya? Hyundai Accent juga tersedia dengan fitur seperti jok dengan pengatur kerasnya dan penghangat, kamera mundur, keyless entry dan automatic emergency braking.

Memang terdengar biasa saja bila dibanding Kia Rio yang baru kami coba dan dibekali jauh lebih banyak fitur, namun harus diingat kelas B-segment ini memang biasanya lebih lengkap di pasar Eropa.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa