Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Asyik, Mazda3 Hatchback Bakal Masuk Indonesia

Fransiscus Rosano - Jumat, 24 Februari 2017 | 17:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Jepang - Setelah lama absen tidak mengaspal di tanah air, rencananya medium hatchback Mazda, Mazda3 sepertinya akan hadir kembali.

Hal ini diamini Fedy Dwi Parileksono, Public Relation Head, PT. Eurokars Motor Indonesia, di sela-sela acara Asean Media Forum Winter 2017 di Hiroshima, Rabu (22/2) lalu, “Tunggu saja kehadirannya tahun ini ya.”

Sebagai informasi, ada dua desain bodi Mazda3, model hatchback dan model fastback. Namun “Sementara ini Mazda3 hatchback yang siap diperkenalkan di Indonesia,” kata Fedy lagi.

Bila belum familiar, Mazda3 sejatinya punya kasta setingkat dengan Honda Civic dan Toyota Corolla Altis. Kami pun sempat merasakan impresi mengendarai Mazda3 atau yang disebut Mazda Axela ini di sirkuit Mine, milik Mazda di Yamaguchi, Jepang (20/2) lalu.

No caption
No credit
No caption
Mazda3 punya signature colornya, Metallic hero grey

Di pasar Asia Tenggara, Mazda3 ini malah mempunyai penjualan tertinggi kedua, setelah Mazd2. Mazda 3 laris manis di beberapa negara seperti Thailand, Malaysia dan Singapura.   

Mengenai spesifikasi yang akan masuk ke Indonesia, memang belum ada informasi pastinya. Namun Mazda3 yang kami coba di sirkuit Mine, menggunakan mesin diesel Skyactiv-D dengan kapasitas mesin 1.500 cc. Namun sepertinya yang masuk ke Indonesia nanti akan menggunakan mesin bensin Skyactiv-G, 2.000 cc, yang mampu menelurkan daya hingga 155 dk.

Fitur Mazda3 sebenarnya mirip dengan Mazda6, yang memiliki i-STOP (Start/Stop System), dan i-ELOOP (regenerative braking) yang ramah lingkungan. Mazda 3 juga sebenarnya sudah menjadi mobil yang mengaplikasikan teknologi Skyactiv yang komplet mulai dari mesin, transmisi, sasis hingga bodi.

Untuk sebuah medium hatchback, Mazda3 sudah dipasangi pelek 19 inci yang sangat besar sebagai standarnya

Sama dengan Mazda6, i-ACTIVSENSE-nya juga punya fitur seperti Lane-Keep Assist (menjaga tetap pada lajur aman), Driver Attention Alert (pengingat pengemudi untuk beristirahat), hingga Smart City Brake Support untuk mencegah tabrakan.

Salah satu fitur terbaru Mazda yang diaplikasi pertama kali di Mazda 3 adalah G Vectoring Control, yang fungsinya mengontrol tingkat torsi mesin berdasarkan input dari setir, ini untuk menjaga beban vertikal di setiap gandar sekaligus meningkatkan traksi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa