Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lebih Dekat Dengan Truk Roda Tiga, Cikal Bakal Produk Mazda

Fransiscus Rosano - Sabtu, 25 Februari 2017 | 07:53 WIB
No caption
No credit
No caption

Jepang - Ada yang tahu kalau cikal bakal Mazda ternyata dimulai dari truk roda tiga? Nah, ikuti cerita kami di bawah.

Otomotifnet hadir di acara Mazda Asean Media Forum 2017, 19-23 Februari ini di Hiroshima, Jepang. Salah satu agendanya adalah mengunjungi museum Mazda yang lokasinya berada di markas besarnya di Hiroshima.

Museum yang terbuka untuk umum ini memamerkan kendaraan-kendaraan bersejarah Mazda sejak tahun 1920 hingga produk terakhir. 

Ada yang menarik perhatian kami saat memasuki awal ruangan. Beberapa mobil (atau bisa saja disebut motor) dengan roda tiganya terpajang disini. Wow, ternyata di awal berdirinya Mazda, perusahaan yang didirikan oleh Jujiro Matsuda ini memang fokus pada kendaraan komersil dan mesin produksi.

No caption
No credit
No caption
Mazda TCS Three Wheel Truck

Kendaraan berwarna hijau dengan konstruksi mirip motor disebut Mazda sebagai TCS Three Wheel Truck. Diproduksi tahun 1935, kendaraan berkode S10 ini bermesin 654 cc silinder tunggal, berdimensi panjang 2,7 meter dan lebar 1,2 meter.

Pada zamannya, kendaraan ini termasuk salah satu ikon teknologi Mazda, lantaran struktur mesin dan transmisinya terintegrasi. Bak belakangnya cukup besar yang fungsinya untuk mengangkut barang.

Ada yang unik di bagian tangkinya. Ada logo tiga berliannya Mitsubishi. Ternyata saat itu, Mitsubishi didaulatkan untuk menjual dan mendistribusikan truk (motor) roda tiga ini.

No caption
No credit
No caption
Mazda Truck Three-Wheel Type GB

Selain yang berkelir hijau, ada juga model yang sama berkelir biru. Modelnya disebut Truck Three-Wheel Type GB,ini adalah generasi setelah truk berwarna hijau. Dirilis tahun 1949, setelah perang dunia kedua.

Dapur pacunya masih mirip generasi sebelumnya, 700 cc. Secara desain, beberapa detail malah mirip motor klasik Eropa, ya?

Mazda T2000

Salah satu yang unik lagi adalah model T2000 tahun 1971.

Dapur pacunya berukuran 2.000 cc, satu silinder dan berpendingin air, Model ini laris kala itu, dan selama 10 tahun tidak mengalami facelift. Baru kali ini, desainnya mirip mobil atau truk. Salah satunya ketika kendali, tak lagi menggunakan setang, namun dengan setir.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa