Usir Gredek Honda Vario 125 & 150, Kampas Ganda Yamaha NMAX

Rabu, 8 Maret 2017 | 12:49 WIB

Jakarta - Getaran pada CVT kerap ditemui pada Honda Vario 125 & 150, biasanya terasa gredek saat mulai melaju, namun setelah agak kencang hilang dengan sendirinya. Solusinya? Banyak caranya dan salah satu yang paling gres adalah pasang kampas kopling dari Yamaha NMAX.

“Kampas NMAX plug n play di Honda Vario 125 maupun 150 tanpa rubahan apapun. Namun rasanya tanggung pakai kampas ganda standar NMAX, jadi sekalian saja pakai yang racing merek Moto 1,” buka Randes Milton dari CR Speed ART Putra Mandiri.

Secara fisik, meski punya bentuk plat kampas ganda sama tapi ternyata kampasnya berbeda. Punya Yamaha NMAX kampasnya lebih panjang (Gbr.1, bawah kampas NMAX, atas kampas Vario).

“Punya NMAX lebih panjang, efeknya lebih menggigit sehingga gejala selip yang bikin gredek bisa dikurangi. Apalagi pakai tipe racing yang punya bahan carbon kevlar, dijamin lebih cepat melepas panas,” lanjut Duts sapaan akrabnya.

“Jika dibandingkan dengan kampas ganda bawaan, tentu getaran jauh berkurang. Gejala getar bisa kembali, tapi lebih lama dibandingkan yang standar, wajar karena kampas tipe kering,” ujar Duts yang membuka bengkelnya di Palem Ganda Asri 2, Jakarta Barat.

Salah satu yang sudah memasang kampas ini di Vario 125 old kesayangannya adalah Roy Gunawan, “Saya pakai yang racing Moto 1 untuk NMAX. Rasanya tarikan mesin lebih enak, gejala getar pun jauh lebih sedikit daripada kampas ganda bawaan,” tuturnya

Cara pemasangannya mudah, pertama dengan membuka tutup CVT menggunakan kunci T 8 mm (Gbr.2). Selanjutnya gunakan special tools yaitu tracker penjepit mangkok kampas ganda dan buka dengan kunci sok 14 mm (Gbr.3).

Lanjutkan dengan copot kampas ganda bawaan menggunakan kunci 39 mm lalu pasang kampas Moto 1 NMAX (Gbr.4). Selesai deh, ini dia penampakan kampas ganda NMAX di CVT Vario (Gbr.5).

“Dibandingkan dengan kampas ganda tipe racing untuk Vario pun bahkan kepunyaan NMAX tetap lebih panjang lho (Gbr.6, kiri NMAX kanan Vario),” tunjuk Duts.

Bicara soal harga kampas ganda Vario 125 & 150 berkisar di harga Rp 110 ribu ini hanya sepatu kampasnya saja, sedangkan kampas ganda assy standar NMAX Rp 373 ribu lengkap berikut plat kampas ganda.
 
Sedang merek Moto 1 seharga Rp 600 sampai 650 ribu yang juga lengkap berikut plat kampas ganda. Memang lebih mahal tapi getar hilang tarikan lebih joss... (Fariz  / Otomotifnet.com)

CR Speed ART Putra Mandiri 081322878989

Editor : Parwata
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA