Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Freed PSD 2012, Totalitas Ala Yuli

Parwata - Kamis, 6 April 2017 | 11:35 WIB

Jarang-jarang lihat Freed tampil all-out begini!

Jakarta - Pemiliknya yang bernama Yuli Haryadi memang tak mau setengah-setengah. “Saya memang mau membuat Freed ini beda dari yang lainnya, tampilan keren dan mesin kencang,” ujar Yuli.

Untuk itu ia datang ke rumah modifikasi Akasia Motor. Gayung pun bersambut dari tim Akasia. “Enak kalau sudah klop idenya,” tukas pria ramah ini. Akhirnya mobil pun ditinggal untuk memulai proyek modifikasi ini.
 
Setelah selesai, Freed ini pun kerap tampil di banyak kontes modifikasi dan kerap mendapatkan piala berbagai kategori. “Yang pasti Freed warna seperti ini cuma ada satu-satunya nih, hahaha,” ujar Yuli dengan nada yakin. * Kyn/otomotifnet

Ganti Cat Merah

Agar tampilannya jadi lebih keren, ia memesan body kit depan dari Tritech Body kit. “Side skirt dan body kit belakang dibuatkan custom oleh Akasia,” tukas Yuli.
 
Grilnya pakai Freed Hybrid versi Jepang berikut stop lamp. Sementara head lamp pakai custom dengan proyektor. Awalnya Freed ini warnanya abu-abu metalik, belakangan ia mulai bosan. “Enggak menarik,” keluhnya. Ia pun memilih di-repaint dengan warna red blood candy yang lebih eye catching.
 
“Ternyata setelah jadi, beda warnanya dari sample card-nya. Tapi ya sudahlah enggak apa-apa, malah jadi cuma satu-satunya kan, hahaha,” serunya.

Air Suspension dan camber custom

Yuli memilih pelek OZ Futura orisinal ukuran 18x8,5+9,5 inci dengan balutan ban Accelera 205/35R18 depan dan 215/35R18 belakang. Suspensinya dipakai air suspension K-Sport bolt on 4 channel dengan hardline dan accuair.

“Yang depan di-camber sekitar -2 supaya aman dan bisa lebih masuk ke dalam sepatbor,” jelasnya. Karena Yuli ogah wide body, maka bibir sepatbor pun harus dilipat habis dan sedikit ditarik keluar.

“Habis kalau wide body harus ngakalin pintu sliding-nya lagi biar bisa kebuka, repot,” ujarnya. Untunglah dengan cara ini sliding door-nya masih bisa dibuka tutup dengan aman.

Mesin 170 DK

Nah, sekarang giliran mesin. Sewaktu bodi sedang dikerjakan, rupanya Yuli sekalian meminta montir kepercayaannya untuk memasang supercharger Sprintex.

“Saya maunya yang plug and play, jadi enggak ribet,” tutur anggota Hofos Jaktim ini. Sekalian juga dipasang piggyback Dastek Unichip Q4 agar lebih maksimal.
 
Alhasil setelah di-dyno, power pun melonjak jadi 170 dk. “Enak banget tarikan bawahnya sekarang,” girangnya. Oh iya, ia juga memasang big brake kit Brembo 6 pot untuk safety.

Empat Jok Recaro

Interior pun tak kalah total. Mulai dari lis dasbor full karbon, lalu setir J’s Racing yang dikirim langsung dari Jepang dan tachometer Defi. Yang paling keren adalah penampakan 4 buah jok Recaro SR VF menggantikan jok depan dan tengah.

“Nah, belum ada kan yang pakai 4 Recaro begini? Hehehe,” kekehnya. Atap pun dijebol untuk pasang panoramic roof eks Subaru. Sementara jok baris ketiga dicabut untuk perangkat audio. Kabin belakang Full Audio

Yuli mulai dengan menganti head unit keluaran Kenwood DNx 8165. Lalu speaker depan dipasang Crescendo Opus 7 dan belakang 2-way Impulse seri 9. Agar suara lebih jernih, ditambahkan juga prosessor Crescendo Music Conductor berikut power 4 channel Impulse IMP 4.  

Nada rendahnya keluar dari 2 buah subwoofer Crescendo 10 inci. Sementara di tengah boks custom, terlihat kompresor air sus sudah rapi terpasang.

Data Modifikasi

Pelek dan Kaki-kaki: OZ Futura orisinal 18x8,5+9,5 inci, ban Accelera 205/35R18 depan dan Accelera 215/35R18 belakang, airsus K-Sport Bolt on 4 channel, hardline + accuair, BBK Brembo 6 pot

Eksterior: Body kit custom Tritech body kit depan, body kit custom belakang dan side skirt Akasia, gril Freed Hybrid, stop lamp Freed hybrid Jepang, head lamp projector by Delapan Satu

Interior: Lis dasbor full carbon, panoramic roof Subaru, setir J’s Racing, tachometer Defi, jok Recaro SR VF 4 pieces, throttle control Autocruise, head unit Kenwood DNx 8165, Kenwood KCA-WL 100, speaker Crescendo Opus 7, speaker Impulse 2-way seri 9, kabel speaker Harmonic Harmony, kabel RCA 0,3 m dan 0,1 m, kabel stroom Power DLS, power Impulse IMP 4, processor Cresendo Music Conductor, aki Stinger,

Mesin: Sprintex Supercharger, Dastek Unichip Q4, P&P Firna, resonator Tomcat, front pipe dan downpipe J’s Racing, air filter K&N

Plus: Modifikasi total luar dalam
Minus: Warna kurang sesuai keinginan pemilik

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa