Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tanggapan YLKI Soal Kaca Calya-Sigra Pecah: Kalau Terbukti Cacat, Sigra-Calya Harus Recall!

Fransiscus Rosano - Rabu, 15 Maret 2017 | 17:47 WIB
Perwakilan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia berpendapat bila memang terdapat cacat produksi, pabrikan harus bertanggung jawab dengan recall
Rianto Prasetyo
Perwakilan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia berpendapat bila memang terdapat cacat produksi, pabrikan harus bertanggung jawab dengan recall

Otomotifnet - Seakan tidak menyisakan ruang bagi Toyota dan Daihatsu untuk tarik napas, kini media sosial sedang diramaikan soal pecahnya kaca belakang Calya-Sigra setelah persoalan suspensi ‘amblas’ dan ban pecah usai sebelumnya.

Seperti yang Otomotifnet tulis sebelumnya, setidaknya sudah tiga dari pemilik duo LCGC 7-seater ini dari club Calsic (Calya Sigra Community) yang mengeluhkan soal kaca belakang mobilnya pecah sendiri di media sosial Facebook. Hingga kini, penyebab pastinya masih belum diketahui.

Lalu bagaimana tanggapan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)?

“Kalau betul seperti itu, Calya-Sigra harus ditarik dari pasaran. Recall!” tegas Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI.

Tentu yang dimaksud ‘seperti itu’, adalah bila pecahnya kaca belakang Astra Toyota Calya dan Daihatsu Sigra ini disebabkan oleh cacat produksi.

“Untuk diperbaiki sampai memenuhi standar. Sebab kasus itu bisa dikategorikan cacat produksi. Produsen harus menanggung penuh demi safety,” tambah Tulus.

Di sisi lain, para konsumen juga harus cerdas dalam menyikapi berita di media sosial. Hal ini disampaikan oleh Sularsi, Ketua Bidang Pengaduan YLKI. Pasalnya, tak sedikit berita-berita di media sosial adalah hoax.

“Medsos kan cepat sekali, jadi harus dibuktikan kebenarannya,” ujar Sularsi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa