Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Eh, Tuas Apa Tuh Di Belakang Setir New Toyota Corolla Altis?

Fransiscus Rosano - Kamis, 16 Maret 2017 | 10:14 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Otomotifnet sedang mencoba New Toyota Corolla Altis 1.8 V, kemudian menemukan sebuah tuas di belakang setirnya. Tuas apa tuh?

Ternyata setelah dilihat, tuas tersebut adalah pengaktif cruise control, fitur yang dapat membuat mobil melaju konstan tanpa perlu menginjak pedal gas dengan kecepatan yang bisa ditentukan oleh pengemudi.

“Keuntungannya pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas yang akan sangat membantu saat menjelajah di jalan bebas hambatan,” jelas Dadi Hendriadi, General Manager bagian Technical Service Division Head, PT Toyota Astra Motor ketika Otomotifnet tanyakan dulu.

Nah, berbeda dengan cruise control kebanyakan yang meletakkan tombol pengaturnya langsung di setir, New Corolla Altis menyelipkannya dalam bentuk tuas di belakang setir mengingat betapa penuhnya layout setir karena kehadiran tombol pengatur audio dan MID.

Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya?

No caption
No credit
No caption
Menekan tombol ini akan memasukkan cruise control ke mode standby

Pertama, tekan tombol ON-OFF di ujung tuas untuk mengaktifkan fungsi cruise control. Tenang, kecepatan konstan belum langsung diset saat tombol ini ditekan. Akan muncul indikator hijau yang di bagian atas instrument cluster yang menunjukkan cruise control siap digunakan.

Selanjutnya, melajulah dengan kecepatan yang diinginkan, minimum di 40 km/jam. Misalnya nanti ingin agar cruise control menahan kecepatan mobil di kecepatan 60 km/jam, maka injak pedal gas terlebih dahulu hingga mencapai kecepatan tersebut.

No caption
No credit
No caption
Indikator hijau menandakan cruise control siap digunakan, bila bertuliskan 'SET' maka cruise control aktif

Jika sudah mencapai kecepatan yang diinginkan, tekan tuas cruise control ke bawah yang ditunjukkan dengan tulisan ‘SET’. Akan muncul indikator bertuliskan ‘SET’ di instrument cluster, menandakan cruise control kini aktif dan akan menahan kecepatan secara konstan tanpa pengemudi perlu menginjak pedal gas lagi.

Untuk menaikkan kecepatan, tahan tuas cruise control ke atas hingga mencapai kecepatan yang diinginkan, sedangkan untuk menurunkan tahan ke bawah.

Bila ingin menonaktifkan sementara, injak pedal rem atau tarik tuas ke dalam maka cruise control akan dalam posisi standby dan akselerasi mobil dikembalikan ke pedal gas.

Tarik ke dalam untuk cancel fungsi cruise control

Jika setelah itu ingin kembali ke kecepatan cruise control yang sebelumnya diset, tekan tuas cruise control ke atas yang ditunjukkan tulisan ‘RES’.

Bila ingin mematikan cruise control sepenuhnya, kembali tekan tombol ON-OFF dan indikator cruise control akan hilang dari instrument cluster.

Mudah kan penggunaannya?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa