Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Cara Cuci dan Lumasi Rantai Pasca Kehujanan, Mudah Banget!

Parwata - Minggu, 19 Maret 2017 | 05:56 WIB

Jakarta - Hujan, panas, hujan lagi, panas lagi.. Wajib rajin bersih-bersih nih, kalau enggak bisa menimbulkan kerusakan pada beberapa komponen salah satunya adalah rantai. Berikut adalah cara cuci dan lumasi rantai pasca kehujanan

“Kondisi seperti ini bisa membuat umur rantai lebih pendek. Ini karena tumpukan debu dan kotoran yang menempel membuat rantai kering dan mengakibatkan gesekan berlebih. Rantai jadi berisik dan gir lebih cepat lancip,” ujar Fajar Jaya Sukmana punggawa bengkel FJR.

Cara membersihkannya, bisa menggunakan sabun colek dan sikat gigi bekas, “Sikat rantai menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan debu dan kotoran sampai rantai benar-benar kering juga bersih,” lanjut Fajar.

Selain memakai sabun colek ternyata chain lube juga bisa digunakan merontokan kotoran, “Semprotkan chain lube jika ada kotoran yang menempel, lalu dilap sampai kotoran hilang,” ucap Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Namun sebelum pelumasan ada hal lain yang perlu dilakukan, “Baiknya cek free play rantai. Lakukan penyetelan jika sudah melebihi batas yang ditentukan. Siap motor berbeda, misalnya pada Yamaha MX King 20 sampai 30 mm sedangkan YZF–R25, 35 sampai 45 mm,” lanjut pria ramah ini.

Jika sudah bersih dan jarak mainnya sesuai standar, lakukan pelumasan dengan chain lube. Selain merek aftermarket, beberapa pabrikan motor juga sudah mempunyai chain lube sendiri seperti dari Yamaha dan Honda.

Yuk bersih-bersih! (Fariz / Otomotifnet.com)

FJR: 085697309125

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa