Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Lebih Dekat Diet Carbon Core-nya BMW 7 Series

Otomotifnet - Rabu, 22 Maret 2017 | 15:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Punya ragam varian canggih dan super-mewah, BMW Group tentu mesti ikut mengedukasi, tak hanya calon pemilik ataupun mekanik, yang nanti bakal sering bertemu di bengkel. Tapi jurnalis pun diberi kesempatan untuk belajar, teknologi apa saja yang tertanam.

Misalkan saja nih untuk sedan super-mewahnya, 7 Series. BMW fokus pada pengurangan bobot total, supaya mesinnya dapat bekerja lebih ideal lagi. Tentu harus pakai material eksotis nan mahal.

Sebagai flagship sedan mewah BMW, All New BMW 7 Series dirancang tak hanya memadukan kenyamanan dan kenikmatan berkendara dengan berbagai fitur mewah. Selain itu, Seri 7 terbaru ini juga punya teknologi yang bernama BMW EfficientLightweight.

No caption
No credit
No caption
BMW 7 Series juga manfaatkan Carbon Core

Teknologi terbaru dari BMW EfficientLightweight yaitu menggunakan Carbon Core untuk struktur kendaraan, berhasil membantu mengurangi berat kendaraan all-new BMW Seri 7 hingga 130 kilogram dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Yang dilakukan adalah mengkombinasikan sebagian bahan pembentuk bodi dengan bahan carbon fibre, alumunium dan baja. Carbon fibre diklaim lebih ringan 50% dari baja dan 30% lebih ringan dari alumunium.

Contohnya ada pada beberapa bagian pilar A, B dan C juga bagian atap yang dibuat dari carbon fibre dan tulangan di bagian bawah tengah (center tunnel). Bahan yang dipakai adalah Carbon Fibre Reinforced Plastics (CFRP).

Teknologi BMW 7 Series

Menurut Tami Notohutomo, Product Planning Manager BMW Group Indonesia. “Ini diklaim membuat sasis lebih kaku, efeknya meningkatkan sisi handling sekaligus mengurangi bobot kendaraan, dan menurunkan center of gravity untuk peningkatan handling.”   

Program diet 7-Series ini juga dilakukan dengan memotong bobot beberapa komponen sekaligus mendesain ulang bentuknya, seperti sistem suspensi (arm), steering knuckle juga peredam kabin tanpa mengurangi kualitas dan kekuatannya. BMW klaim kalau usahanya ini membuat bobot lebih enteng 10% dari model sebelumnya.

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa