Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Servis Suzuki GSX-R150, Tahun Pertama Gak Sampe Gopek

Parwata - Minggu, 26 Maret 2017 | 21:06 WIB

Jakarta - Bukan cuma harga motornya yang bersahabat, biaya servisnya juga hemat Suzuki GSX-R150 ini langsung laris manis, selain keunggulan performa dan fitur, harganya yang bersahabat ternyata mendapat sambutan hangat pecinta motor sport.

Lalu bagaimana dengan perawatannya? Ternyata biaya servisnya di tahun pertama juga hemat. Enggak sampai gopek alias Rp 500 ribu. Yuk kita lihat detail perawatannya. (Fariz / Otomotifnet.com)

Servis 1.000 km / 2 bulan

Setelah motor sampai ke konsumen jangan lupa lakukan servis pertama di 1.000 km atau 2 bulan tergantung mana yang lebih dulu tercapai. “Fokus servis pertama adalah ganti oli. Ini untuk mengantisipasi sisa gram yang ada di dalam mesin saat proses perakitan.

Makanya filter oli perlu diganti karena gram ngumpul di sini semua,” buka Indrawan Subekti, Kepala Mekanik Suzuki Sejahtera Motor Gemilang (SMG) di bilangan Sunter, Jakarta Utara.

Pada servis pertama ini Suzuki memberikan gratis jasa servis dan oli mesin, sehingga konsumen hanya perlu membeli filter oli mesin seharga Rp 8.100 saja. Murah ya!

Servis 4.000 km / 4 bulan

Servis berikutnya lakukan di 4.000 km atau 4 bulan, “Penggantian oli dengan membeli 2 botol yang berisi 800 ml. Ini karena belum ada botol oli yang berkapasitas 1,3 liter, belum lagi kalau mengganti filter oli yang dibutuhkan jadi 1,4 liter,” lanjutnya.
 
Selanjutnya dilakukan pengecekan seperti periksa busi, periksa putaran stasioner mesin, periksa cairan pendingin radiator, periksa sistem pendingin, periksa & lumasi rantai roda, periksa minyak rem, periksa keausan kampas rem, periksa sistem rem, periksa switch lampu.

Pada servis kedua ini jasa servis masih gratis, sehingga konsumen haya perlu membeli 2 botol oli seharga Rp 73.000.

Servis 8.000 km atau 8 bulan

Pada servis berkala yang ketiga kalinya, selain mengganti oli mesin sudah saatnya dilakukan penggantian busi, “Businya sama dengan Satria F150 injeksi pakai NGK R kodenya MR8E-9. Angka 9 menunjukan gap businya 0,9 mm,” lanjut pria ramah ini.

Selanjutnya filter oli juga diganti pada kilometer ini sesuai yang tercantum pada buku servis diganti tiap kelipatan 8.000 km. Lanjut dengan pemeriksaan arah sinar lampu lampu depan, sistem kopling, standar samping, suspensi, mur, baut, pengencang, roda atau ban dan bearing kepala kemudi.

Servis 12.000 km atau 12 bulan

Sampai pada servis ke empat tepat di 1 tahun atau 12.000km tergantung mana yang lebih dulu tercapai selain penggantian oi mesin ada juga penggantian filter udaranya.
 
“Filter udaranya menggunakan kertas berelemen oli, jadi jangan pernah dibersihkan walaupun dilap apalagi disemprot karena akan membuat kandungan olinya hilang,” wanti Indrawan.

Selain itu cairan pendingin atau air radiatornya perlu diganti pada kelipatan ini, “Ganti air radiator supaya pendinginan tetap optimal, selain itu juga menjaga agar tidar karat dan keropos di bagian water jacket atau radiatornya. Butuh 2 botol air radiator untuk mengisi kembali,” lanjutnya.

Kolom Rekomendasi

“Baiknya ganti oli dan servis tiap kelipatan 2.000 km jika dipakai rutin melewati kemacetan, karena kualitas oli lebih cepat menurun. Ini juga untuk menjaga kabel kopling dan gas tidak cepat kering lalu serat. Kalau tidak pakai rutin bisa servis per 2 bulan,” saran Indrawan.

Suzuki Sunter Sejahtera Motor Gemilang 021-6520220

Biaya Servis
1. Servis 1.000 km atau 2 bulan

Jasa servis: Gratis
Oli: Gratis
Filter oli: Rp 8.100
Total: Rp 8.100

2. Servis 4.000 km atau 4 bulan

Jasa servis: Gratis
Oli mesin: Rp 36.500 x 2
Total: Rp 73.000

3. Servis 8.000 km atau 8 bulan
Jasa servis: Gratis
Oli mesin: Rp 36.500 x 2
Busi: Rp 20.000
Filter oli: Rp 8.100
Total: Rp 101.100

4. Servis 12.000 km atau 12 bulan
Jasa servis: Gratis
Oli mesin: Rp 36.500
Air radiator: Rp 44.000 x 2
Filter udara: Rp 61.000
Total: Rp 185.500

Total biaya servis tahun pertama: Rp 367.700

Tabel Pengecekan:

Bersihkan pernapasan bak mesin
Ganti oli mesin
Periksa saluran bahan bakar
Periksa cara kerja gas tangan
Periksa busi
Periksa putaran stasioner mesin
Persiksa cairan pendingin radiator
Periksa sistem pendingin
Periksa & lumasi rantai roda
Periksa minyak rem
Periksa keausan kampas rem
Periksa sistem rem
Periksa switch lampu
Periksa arah sinar lampu lampu depan
Periksa sistem kopling
Periksa standar samping
Periksa suspensi
Periksa mur, baut, pengencang
Periksa roda/ban
Periksa bearing kepala kemudi

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa