Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Disc Brake Belakang Yamaha Aerox 155 VVA Ada Dua Opsi, Yuk Bongkar!

Parwata - Rabu, 29 Maret 2017 | 12:49 WIB

Jakarta - Yamaha Aerox 155 VVA sudah sporti abeeees, tapi sayang rem belakangnya masih teromol. Bisa kali dibikin cakram! Setidaknya sudah ada dua bengkel yang bikin. Garapan Dream Garage (DG) dan Fat Motorsport (FM).

Yuk lihat trik pasangnya! Sigit, (Fariz / Otomotifnet.com)

Pelek & Disc Brake

Paling pertama yang harus dipikirkan adalah memasang piringan cakram pada peleknya. Karena konsepnya Thailook, tim DG memasang disc brake belakang pada teromol jari-jari Honda Vario 125 yang punya kesamaan lubang as roda dengan Aerox 155.

“Teromol harus dimodifikasi bagian belakangnya, ditambah daging pakai las aluminium dan dibuatkan dudukan untuk disc brake,” terang Danny Satria, Kepala Mekanik DG.

Kalau enggak mau repot, sebenarnya sudah ada teromol VND yang plug and play (PnP) dengan as roda dan dudukan cakram NMAX atau Aerox 155. Harganya Rp 950 ribu, dijual di toko Cen128 Kebon Jeruk III, Jakbar.

Beda lagi dengan FM yang memilih menggunakan pelek palang. Pilihannya jatuh pada merek RCB ring 14 yang aslinya untuk Yamaha NMAX. Tapi pemasangan tidak bisa langsung pasang karena harus ada sedikit penyesuaian.

“Pelek bisa langsung terpasang tapi gak lurus. Makanya harus dipapas sedikit bagian pelek dekat as roda supaya ban bisa lurus sejajar,” jelas Wiryawan owner FM.
 Setelah itu cakram dan pelek sudah terpasang sempurna, yang menjadi permasalahan saat ini adalah bagian kiri yang menjadi dudukan kampas rem belakang bawaan Aerox 155 jadi terlihat ‘kopong’.

“Nah ini dia masalahnya jadi terlihat kurang enak, nantinya mau coba pakai tutup gearbox NMAX siapa tahu bisa, hehee...” akunya. Sedang untuk cakramnya sendiri, bisa comot standar Yamaha NMAX, atau pilih part aftermarket yang khusus NMAX yang banyak dipasarkan.

Braket Kaliper

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa