Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hyundai Patenkan Teknologi Mesin Unik, Kapasitas Mesin Beda Per Silindernya

Fransiscus Rosano - Senin, 27 Maret 2017 | 09:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Eropa - Mesin 2.000 cc dengan 4-silinder punya kapasitas 500 cc per silindernya, sedangkan mesin 1.200 cc dengan 3-silinder menyimpan kapasitas 400 cc per silindernya. Namun, bagaimana jika kapasitas mesin beda per silindernya?

Hal ini dipatenkan Hyundai pada European Patent Office tanggal 22 Maret 2017 silam dengan nama "Sistem dan metode untuk kontrol kapasitas mesin tidak seragam dengan asistensi motor," dengan detail pabrikan Korea Selatan ini akan membuat mesin yang memiliki kapasitas silinder yang berbeda-beda.

Pertanyaannya, mengapa?

Bayangkan sebuah mesin 4-silinder dengan sepasang silinder dan pasangan lainnya memiliki kapasitas berbeda

Dikatakan dalam file patennya dan dijelaskan AutoGuide.com, energi mekanikal tambahan terkonsumsi untuk membuat mesin dengan kapasitas seragam dan langsam dengan stabil sehingga membuatnaya tidak efisien. Dengan mesin kapasitas berbeda per silindernya ini, kami berasumsi Hyundai dapat membuat output-nya lebih efisien.

Seperti yang diketahui, hingga kini mesin memiliki kapasitas silinder seragam karena lebih mudah untuk mengontrol rasio udara dan bahan bakar, keseimbangan dan gas pembuangan.

Ide yang dilontarkan Hyundai adalah membangun mesin dengan dua jenis silinder yang memiliki kapasitas berbeda, ditambah sebuah motor dengan kontrolnya agar dapat mengatur ke tiga mode berbeda.

Bayangkan sebuah mesin 4-silinder, memiliki dua pasang silinder dengan kapasitas berbeda. Anggaplah yang dua punya 400 cc dan dua lagi 350 cc, kemudian sebuah motor listrik digunakan untuk menyeimbangkan output torsi sambil mengurangi suara dan getaran yang dihasilkan oleh silinder tidak seimbangnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa