M2Unity Membersihkan Stiker ala Komunitas

Jumat, 7 April 2017 | 23:44 WIB

Jakarta - Menjengkelkan jika kendaraan yang dimiliki kotor. Contoh kecilnya adalah, ketika parkir di bawah pohon atau di tempat terbuka. Sering kali bodi terkena getah pohon atau kotoran burung. Jika dibiarkan, kotoran atau noda ini akan membekas di bodi dan meninggalkan jamur yang sulit dihilangkan.

Apalagi bagi yang mobilnya telah dilapis dengan stiker atau cutting sticker. “Kotoran burung atau getah pohon memiliki sifat asam yang tinggi. Jika dibiarkan terus menerus, akan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan dan merusak tampilan stiker,” bilang Rizky Rachmat, salah seorang member komunitas Mazda2 User Community (M2Unity), yang kap mesinnya telah dilapis dengan sticker dry carbon.
 
Berikut tips bagaimana cara cepat dan mudah membersihkan noda membandel di bodi, yang telah dilapis dengan stiker. * Tom/otomotifnet.com

Eksterior

1. Selalu membawa lap microfiber dan lap chamois. Tujuannya ketika ada kotoran burung atau noda bisa langsung saya bersihkan “Sehingga tidak meninggalkan noda atau bahkan merusak lapisan stiker,” kata remaja yang hobi dress up mobil ini.

2. Ada dua jenis bahan cutting sticker, glossy dan doff. Jenis perawatannya pun berbeda pada saat proses pengeringan, gunakan lap lembut seperti chamois atau microfiber. “Tujuannya agar sticker tidak mudah lepas dan tidak baret,” sarannya.

3. Untuk stiker karbon perlu perhatian lebih, caranya sehabis melakukan pencucian, disarankan untuk mengelap bodi dengan gerakan searah, sehingga tidak mudah kusam. “Sehabis terkena hujan, kalau bisa juga langsung dikeringkan biar enggak berjamur,” sahutnya.

Interior

1. Karena Rizky gemar bersih-bersih, ia juga memberikan tips cara cepat membersihkan bagian dasbor. “Paling enak itu bawa langsung ke car wash, tapi membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” celetuknya.

2. Oleh sebab itu, untuk menghemat biaya, Rizky mengandalkan cairan pembersih, contohnya seperti produk MBTech. “Bisa langsung semprotkan ke dasbor, lalu bersihkan dengan lap microfiber,” tutup pemuda ini.

3. Untuk stiker karbon, perlakukan mirip dengan eksterior, agar cepat dibersihkan dan dikeringkan agar tak meninggalkan noda. “Apalagi bagi yang merokok, noda abu rokok sangat mengganggu,” ujarnya.

4. Untuk lapisan kaca pada spidometer, disarankan untuk membesihkannya dengan cara mengelapnya dengan gerakan searah, sehingga lapisan kaca tak lekas kusam dan baret.

 

Editor : Parwata

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA