Toyota Corolla BZ Touring AE101 1996, Nostalgia Dengan Station Wagon

Jumat, 7 April 2017 | 18:19 WIB

Mamat kembali ‘berulah’ dengan mainan barunya, Corolla BZ Touring. Varian station wagon dari keluarga Corolla yang di sini lebih dikenal dengan nama Great Corolla

Jakarta - Rupanya Mamat ingin nostalgia ketika pakai Toyota Great Corolla dulu. “Zaman gue pertama kali jualan pelek pakai Great Corolla, tahun 2003 tuh. Ceper juga pakai pelek MAE. Nah pas ada yang nawari Corolla BZ Touring ini, gue jadi kepikiran lagi main Corolla,” kenang Mamat.

Kebetulan salah satu customer-nya nawari Corolla BZ Touring ini dengan kondisi cukup baik. Setelah ditebus, Mamat ingin Corolla BZ Touring ini sekeren Great Corolla-nya dulu. Jadi doi rela membangun dari awal biar optimal.

Semua bodi dan mesin dibongkar dan dibangun ulang. Kaca depan yang kusam diganti baru. Semua karet-karet bodi juga diganti baru. Warna abu-abu yang dipakai, diambil dari MINI Cooper S tahun 2005.  

Begitu juga sama interior dan joknya, masih dipakai punya bawaan BZ Touring. Sempat mau pakai jok versi GT, tapi sulit untuk dapat lengkapnya dari jok depan dan belakang.

Desain jok versi sedan sama BZ Touring juga beda. “Kalau mau pakai jok sedan rada ribet karena joknya one piece dan enggak bisa dilipat, sementara jok wagon ini bisa dilipat,” ujar Mamat.
 
Kondisi spoiler add-on bawaan BZ Touring yang udah baret-baret karena pemakaian, diganti yang masih bagus. Tapi hanya belakang saja yang terpaksa pakai punya Corolla GT versi sedannya, karena susah nyari untuk BZ Touring.

Di bagian kaki-kaki, Mamat pakai coilover dari BC Racing. Dudukannya pun sama dengan versi sedannya. Mamat sempat pakai pelek TRD T3 ukuran 17x8,5 inci. Tapi khusus pas pemotretan doi pakai MAE 17x8,5 inci.

Karena offset 30, yang belakang harus pakai spacer 4 mm biar enggak kena coilover. “Sempat mau dibikin lebar belang, tapi ternyata maksimal spacer-nya cuma 4 mm, lebih dari itu bakalan kena fender,” sahut Mamat.

Mamat memang masih ingin melengkapi printilan BZ Touring-nya, karena belum sempat terpasang. Tapi hasil restorasinya sudah cukup keren, dan yang pasti, Mamat puas saat ingin bernostalgia. * Tom/otomotifnet.com

Data Modifikasi:
Restorasi bodi dan mesin, knalpot TRD, radiator SARD, radiator cover Greddy, coilover BC Racing, pelek MAE 17x8,5 inci, ban Toyo DRB 205/40R17, strutbar TRD

Editor : Parwata
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA