Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

GSX-R150 dan GSX-S150 Marak Dimodifikasi Dealer, Begini Tanggapan Suzuki

Sabtu, 15 April 2017 | 12:15 WIB

Jakarta - Kehadiran GSX-R150 dan GSX-S150 di tahun ini memang cukup fenomenal untuk segmen sport 150cc. Tidak hanya diterima dengan baik oleh pasar, munculnya duo sportbike ini seakan membangkitkan kembali gairah dealer-dealer Suzuki yang sempat lesu dalam sewindu terakhir ini.

Gairah tersebut salah satunya ditunjukkan dealer dengan menelurkan berbagai contoh modifikasi ringan GSX-R150 dan GSX-S150. Beberapa dealer Suzuki yang mencoba hal ini antara lain Indosarana Suzuki Motor Bandung dan Roda Mas Makmur Motor (Indomobil Batam).

Untuk Indosarana Suzuki Motor Bandung, mencoba menawarkan alternatif pilihan livery kustom yang beragam. "Versi livery custom ini dijual untuk umum. Tambahan biaya catnya sekitar Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta," ujar Yosep dari Final Inspection ISM Bandung.

Jika ISM Bandung bermain pada aspek tampilan, maka Indomobil Batam mencoba bermain pada sisi teknis dengan merubah sedikit komponen standar pabrik. Misalnya mengaplikasikan headlamp Satria F150 injeksi pada GSX-S150, menyesuaikan selera konsumen Indonesia.

"Kita awalnya iseng aja sih karena lihat banyak dan ramai editan GSX-S150 pakai kepala Satria di social media. Jadi kita coba bikin konsep aslinya, supaya konsumen dapat gambaran," ujar William dari bagian penjualan Indomobil Batam. 

Melihat fenomena tersebut, seperti apa tanggapan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek?

"Kalau dari kami sebetulnya tidak ada peraturan tertulis yang mengatakan boleh tidaknya menjual unit produk modifikasi. Tapi sebaiknya ya harus menjual sesuai produk aslinya," terang Rafi Al Ghany, Public Relation PT SIS 2W, beberapa waktu lalu.

Namun kendati menganjurkan menjual produk standar pabrik, PT SIS juga tidak bersikap kaku ketika dealer mencoba berkreasi terhadap GSX-R150/S150. "Sah-sah saja karena mereka kan sebenarnya juga mencoba beradaptasi terhadap tren dan karakter konsumen," lanjutnya.

"Tapi juga perlu diperhatikan, jika PT SIS tidak ikut campur terkait perubahan administrasi. Ini itunya ya harus mereka urus sendiri," pungkas pria berkaca mata ini. (Otomotifnet.com)                   

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa