Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasar Eropa Jadi Barometer Layak Tidaknya Motor Menyandang Status Global Product, Mengapa?

Selasa, 18 April 2017 | 19:30 WIB

Jakarta - Eropa masih dijadikan sebagai acuan menentukan layak tidaknya sebuah produk sepeda motor menyandang status global product. Setidaknya, hal itu diungkapkan M. Abidin selaku GM Aftersales Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

"Kalau sudah ngomongin pasar Eropa kita tidak hanya bicara standar produk, tapi juga bicara standar komplain/keluhan konsumen yang sangat rumit," ujar Abidin saat ditemui rekan-rekan jurnalis di sela seremonial ekspor perdana XMAX 300, di Jakarta Timur, Selasa (18/4).

"Maka itu, jika produk kita sudah bisa tembus pasar Eropa saya kira akan lebih mudah bagi produsen motor masuk ke pasar negara-negara lain," lanjutnya seraya menyatakan jika karakter konsumen di benua Eropa sangat detail terhadap hal-hal kecil.

Lalu adakah pasar yang lebih sulit dimasuki selain Eropa?

"Ada. Pasar Jepang. Ia lebih rumit dari Eropa karena standar kualitas di sana sangat tinggi. Malah kalau boleh disimpulkan, ekspektasi mereka terhadap produk motor itu menurut saya ketinggian," kekeh pria ramah ini.

"Saking tingginya ekspektasi, kadang jika ada kerusakan kecil pada komponen motor yang dibeli, konsumen di sana langsung komplain via media sosial. Dan Yamaha Jepang biasanya langsung tanggap dan melacak sumber untuk dikejar. Sebab sekecil apapun komplain, Yamaha gak boleh diam, karena itu sudah komitmen kami," pungkas Abidin.(Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa